Stasiun Tanah Abang Masih Ditutup Sore Ini, Transit Diizinkan

CNN Indonesia | Selasa, 04/05/2021 10:13 WIB
Stasiun Tanah Abang masih memberlakukan kebijakan tidak melayani pengguna KRL yang akan keluar maupun masuk stasiun pada pukul 15.00-19.00 WIB. Stasiun Tanah Abang masih memberlakukan kebijakan tidak melayani pengguna KRL yang akan keluar maupun masuk stasiun pada pukul 15.00-19.00 WIB. (CNN Indonesia/ Yogi Anugrah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, masih memberlakukan kebijakan tidak melayani pengguna KRL yang akan keluar maupun masuk stasiun pada pukul 15.00-19.00 WIB. Namun, pengguna diizinkan transit pada waktu tersebut.

VP Corporate Secretary PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba mengatakan kebijakan itu diambil setelah melakukan evaluasi pelaksanaan penyesuaian layanan di hari pertama, Senin (3/5).

"Maka mulai Selasa (4/5) pengguna KRL akan diizinkan transit atau berganti kereta di Stasiun Tanah Abang. Meskipun demikian, Stasiun Tanah Abang tetap tidak melayani pengguna yang hendak keluar maupun masuk stasiun pada pukul 15.00-19.00 WIB," kata Anne dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5).


Anne melanjutkan, pada Senin lalu hingga pukul 21.00, situasi di Stasiun Tanah Abang kondusif. KRL kembali melayani naik turun pengguna di stasiun tersebut setelah berhenti sementara pada pukul 15.00-19.00.

Berdasarkan data, ia menjelaskan, Stasiun Tanah Abang sendiri mencatat volume pengguna mencapai 31.325 orang.

Anne mengatakan, stasiun alternatif terpantau ramai ketika Stasiun Tanah Abang tidak melayani penumpang. Ia mengatakan di Stasiun Palmerah tercatat jumlah penumpang mencapai 12.464 orang atau bertambah 49 persen dibanding waktu yang sama pada Senin (26/4) pekan sebelumnya yaitu 8.333 orang.

Stasiun alternatif lainnya yakni Karet juga mencatat kenaikan jumlah pengguna hingga 73 persen dibanding Senin pekan lalu pada waktu yang sama. Hingga pukul 21.00, Stasiun Karet telah melayani 7.535 pengguna.

"Petugas KAI Commuter dibantu tambahan petugas keamanan senantiasa menerapkan protokol kesehatan bagi para pengguna, seperti wajib memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL," kata Anne.

Lebih lanjut, ia mengatakan sebagai dampak penutupan sementara di Stasiun Tanah Abang, kuota pengguna yang dapat naik ke setiap rangkaian KRL dari Stasiun Palmerah juga bertambah.

"Tambahan kuota diambil dari Stasiun Tanah Abang yang sementara tidak melayani pengguna," kata Anne.

Sebelumnya, Pemprov DKI telah berkoordinasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia terkait penyesuaian jadwal operasional KRL di Stasiun Tanah Abang. Penyesuaian itu dalam rangka mencegah kerumunan pengguna KRL saat jam tutup Pasar Tanah Abang.

"Sore besok (Senin) pukul 15.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB, KCI tidak akan berhenti di (Stasiun) Tanah Abang, sehingga enggak angkut penumpang dari sana. Detailnya nanti Dishub akan menyampaikan sama-sama secara lengkap," ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pasar Tanah Abang, Minggu (2/5).

(yoa/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK