Klaster Munggahan Tangerang Naik Jadi 108 Kasus, 37 Sembuh

CNN Indonesia | Rabu, 05/05/2021 13:34 WIB
Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang mencatat penambahan jumlah kasus positif pada klaster munggahan. Namun, 37 orang telah sembuh. Foto ilustrasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang mencatat penambahan jumlah kasus positif pada klaster munggahan hingga mencapai 108 kasus. Dari jumlah tersebut, 37 orang di antaranya dinyatakan sembuh.

Klaster munggahan bermula dari puluhan warga RW 28 Perumahan Dasana Indah, Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang yang melakukan tradisi munggahan ke Kabupaten Bogor, Jawa Barat awal April lalu.

"Total 108 kasus, itu saat ini sudah pulang 37 orang, sudah sembuh," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (5/5).


Sementara, kata Hendra, dari 37 orang yang dinyatakan sembuh, sisanya masih dalam isolasi di salah satu hotel M karena hanya mengalami gejala ringan. Enam warga lainnya tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

"Kondisinya perlu perawatan. Jadi enggak mungkin di hotel, gejala berat," katanya.

Hendra menduga penambahan kasus tersebut buntut dari temuan 50 kasus sebelumnya dan kasus lain yang tidak terdeteksi. Walhasil, warga kemudian secara bebas berinteraksi dengan lingkungan mereka tanpa sadar menjadi media penularan.

Meski begitu, Hendra mengatakan pihaknya telah mengambil langkah cepat untuk menghentikan penularan tersebut. Hingga kini, pihaknya masih membatasi akses keluar masuk RW 28 yang menjadi pusat penularan.

"RW-nya, kita lakukan lockdown jadi jangan terlalu keluar masuk orang dulu sementara," katanya.

Hendra menyebut tracing atau pelacakan dalam Klaster itu saat ini telah rampung. Dengan demikian, proses selanjutnya tinggal menunggu kesembuhan dari warga yang masih menjalani isolasi mandiri dan perawatan di rumah sakit.

(thr/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK