Pimpinan DPR Akan Bahas Usulan Pembubaran Komisi VII

CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 13:16 WIB
Pimpinan DPR akan membahas usulan ihwal wacana pembubaran Komisi VII ke rapat pimpinan. Pasalnya keluhan dari anggota Komisi VII ini bukan pertama kali muncul. Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menyatakan pimpinan DPR akan membahas usulan mengenai pembubaran Komisi VII DPR pada rapat pimpinan dalam waktu dekat.

Hal itu ia sampaikan merespons gagasan ihwal peniadaan Komisi VII oleh salah satu anggota dari Fraksi Golkar Dyah Roro, usai mendapati mitra kerjanya saat ini hanya tersisa Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).


"Apa yang disampaikan oleh yang bersangkutan dalam rapat paripurna akan kita bicarakan dalam rapat pimpinan," kata Dasco pada Jumat (7/5).

Dasco lantas membeberkan keluhan dari anggota Komisi VII DPR RI terkait mitra kerja, bukan pertama kali disampaikan kepada pimpinan DPR. Pasalnya, saat itu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang awalnya mitra kerja Komisi VII pun dipindahkan ke Komisi IV.

Dia mengatakan, keluhan tersebut sudah kerap diutarakan sejak awal masa sidang DPR RI periode 2019-2024.

"Memang apa yang disampaikan ini bukan hal yang baru. Karena memang sejak dari awal masa sidang memang terjadi dinamika masalah mitra dari Komisi VII dan Komisi IV ini," kata Dasco.

Sebelumnya, Dyah mengatakan peleburan Kementerian Riset dan Teknologi Ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat kemitraan Komisi VII dengan Kemenristek hilang secara otomatis. Hal itu pula yang menjadi alasan utama wacana pembubaran Komisi VII muncul.

"Saya rasa lebih baik Komisi VII dibubarkan saja. Lebih baik kita digabungkan dengan komisi lain saja," kata Dyah pada Rapat Paripurna DPR RI, Kamis (6/5).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno mengusulkan agar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali menjadi mitra Komisi VII. Pasalnya, Eddy mengakui Komisi VII tidak efektif dalam melaksanakan fungsi pengawasan penganggaran dan fungsi legislasi di DPR RI karena kini mitra kerja hanya tersisa satu.

Usulan pembubaran Komisi VII DPR RI mengemuka setelah Presiden Joko Widodo melebur Kemenristek dengan Kemendikbud. Usai peleburan tersebut, mitra kerja Komisi VII pun hanya tersisa Kementerian ESDM.

(rzr/nma)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK