Mobil Test Drive di GT Bekasi Timur Dipaksa Putar Balik

CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 14:49 WIB
Polisi memutarbalik sebuah mobil yang mengaku akan test drive di GT Bekasi Timur, Jumat (7/5). Polisi menduga alasan test drive hanya modus untuk mudik. Kendaraan di GT Bekasi Timur diputar balik selama masa larangan mudik. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aparat kepolisian meminta sebuah mobil yang melintas menuju arah Cikampek dari Gerbang Tol (GT) Bekasi Timur untuk putar balik di hari kedua larangan mudik, Jumat (7/5).

Perwira Pengendali Pos GT Bekasi Timur, Iptu Budi Setiyo mengatakan, mobil yang diminta untuk putar balik itu beralasan hendak melakukan test drive.

"Ada juga tadi salah satu mobil test drive, cuma bawa surat tugas test drive. Test drive bisa aja dia alasan, nanti test drive, terus sampai timur jauh. Namun demikian saya putar balikan," kata Budi saat ditemui di GT Bekasi Timur.


Ia mengatakan, mobil yang beralasan hendak test drive itu diisi oleh empat orang. Saat diminta untuk putar balik, kata Budi, mereka langsung mematuhinya.

"Test drive adalah mobil-mobil khusus, namun demikian tadi diawakin, di dalamnya itu ada sekitar empat orang, itu kita putar balikan, sudah nurut tadi," kata dia.

Budi menuturkan, selama melakukan penyekatan dari pukul 08.00 hingga pukul 09.30 WIB, ada sekitar 20 mobil yang diminta putar balik di titik penyekatan itu.

"Penyekatan khususnya yang mau mengarah ke timur jauh atau yang mau pulang kampung sementara baru ada sekitar kurang lebih 20 kendaraan," kata dia.

Sementara itu, dari pantauan CNNIndonesia.com, sekitar pukul 09.50 hingga pukul 11.00, tidak ada aktivitas penyekatan di titik itu. Aparat hanya berjaga di dalam posko yang didirikan.

Diketahui, Pemerintah resmi melarang mudik Lebaran selama 12 hari terhitung sejak 6-17 Mei 2021. Hal itu dilakukan sebagai langkah pencegahan penularan virus Covid-19.

Polisi pun melakukan Operasi Ketupat 2021 yang ditujukan untuk menyekat pemudik selama masa larangan berlangsung. Terdapat 381 posko penyekatan yang tersebar dari wilayah Sumatera Selatan hingga Bali.

(yoa/psp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK