OTT Bupati Nganjuk, KPK Tangkap Total 10 Orang

CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 12:25 WIB
10 orang disebut tertangkap dalam OTT KPK, di Nganjuk, Jawa Timur, Minggu (9/5), yang terdiri dari Bupati Nganjuk dan sejumlah ASN. Jubir KPK Ali Fikri menyebut 10 orang ditangkap dalam OTT di Nganjuk. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap sekitar 10 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan di Nganjuk, Jawa Timur, Minggu (9/5).

Beberapa di antaranya ialah Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk.

"Informasi yang kami terima sejauh ini, tim gabungan telah melakukan permintaan keterangan atas dukungan jajaran Polres Nganjuk terhadap sekitar 10 orang yang diamankan, di antaranya kepala daerah dan beberapa ASN di Pemkab Nganjuk," ujar Plt. Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, Senin (10/5).


Juru bicara berlatar belakang jaksa ini menerangkan KPK bersinergi dengan Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Mabes Polri terkait operasi senyap ini.

"KPK sejak awal dalam kegiatan ini men-support penuh Tim Bareskrim Mabes Polri yang telah melakukan penyelidikan sejak sekitar April 2021 atas dugaan TPK [Tindak Pidana Korupsi] penerimaan sejumlah uang untuk mengurus promosi jabatan di lingkungan Pemkab Nganjuk," tuturnya.

Ia menambahkan, tim gabungan turut menyita barang bukti berupa uang dalam pecahan rupiah yang masih dilakukan penghitungan.

"Perkembangannya akan kami sampaikan lebih lanjut," pungkasnya.

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum Novi dan para pihak yang tertangkap tangan lainnya.

(ryn/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK