Kemenkes Sebut Pemda Masih Setengah Hati Vaksinasi Lansia

CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 13:52 WIB
Kemenkes menyatakan sebanyak 79 persen jumlah vaksinasi Covid-19 terhadap lansia yang dilakukan berada di Pulau Jawa. Kemenkes menyatakan sebanyak 79 persen jumlah vaksinasi Covid-19 terhadap lansia yang dilakukan berada di Pulau Jawai. (CNN Indonesia/ Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyebut rendahnya capaian program vaksinasi Covid-19 yang menyasar warga lanjut usia (lansia) di pulau luar Jawa diduga karena sejumlah pemerintah daerah masih setengah hati menjalankan program pemberian vaksin.

Tercatat, capaian vaksinasi lansia nasional yang masih menyentuh angka 4,5 juta dari target 21.553.118 orang, 79 persen di antaranya disumbang oleh Pulau Jawa, sementara 21 persen lainnya tersebar di pulau lain di Indonesia.

"Yang di daerah luar Jawa-Bali yang harus dituntaskan, ini menjadi tantangan. Karena Pemda setempat diharapkan bekerjasama dengan teman-teman swasta. Karena kami melihat masih setengah hati bekerjasama dengan swasta," kata Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (11/5).


Nadia menyebut pada awalnya pemerintah memang fokus melaksanakan program vaksinasi di Pulau Jawa-Bali. Bahkan di awal program vaksinasi pada Januari lalu, 70 persen kuota vaksin dialokasikan untuk Jawa-Bali.

Ia menerangkan fokus vaksinasi di Jawa-Bali pada saat itu dengan berbagai pertimbangan, seperti kasus Covid-19 di Indonesia paling banyak disumbang Jawa-Bali hingga banyak sektor esensial yang beroperasi di dua pulau besar itu.

Namun seiring dengan penambahan ketersediaan vaksin, Nadia menegaskan saat ini distribusi vaksin Covid-19 telah dilakukan menyeluruh ke seluruh provinsi di Indonesia.

"Kalau sekarang vaksin sudah kita bagi rata, hanya memang daerah tinggal harus mempercepat," jelas Nadia.

Infografis - Panduan Lansia Sebelum Vaksinasi Covid-19

Bila menilik data di https://vaksin.kemkes.go.id/ tercatat hingga Senin (10/5) pukul 18.00 WIB, sebanyak 2.760.561 lansia telah menerima suntikan dosis pertama vaksin, sementara 1.794.839 lansia rampung menerima suntikan dua dosis vaksin covid-19.

Dari data itu, pada vaksinasi pertama tercatat 2.175.999 lansia (79 persen) berasal dari Pulau Jawa sementara 584.562 (21 persen) lansia dari luar Jawa. Kemudian pada vaksinasi kedua, 1.412.573 lansia (79 persen) berasal dari Jawa, dan sisanya 382.266 lansia dari luar Jawa. 

(kha/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK