Jemaah An-Nadzir Gowa Tetapkan Rabu 12 Mei Idulfitri 1442 H

CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 16:20 WIB
Jemaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulsel, akan merayakan hari raya Idulfitri 1442 H pada Rabu (12/5) besok. Jemaah An-nadzir yang berada di Gowa, Sulawesi Selatan. (Yusran Uccang)
Makassar, CNN Indonesia --

Jemaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, telah memastikan 1 Syawal 1442 Hijiriah jatuh pada Rabu 12 Mei 2021. Berdasarkan keputusan tersebut, jemaah pun berbuka puasa bersama siang tadi, dan bersiap merayakan Idulfitri besok.

"Berdasarkan ilmu dan pemahaman yang dipahami para jemaah kami, setelah kita mengamati dan hasil pemantauan tim musyawarah tadi malam, Rabu 12 Mei besok, sudah mulai lebaran," kata Pimpinan Jamaah An-Nadzir Ustaz Samiruddin Pademmui, Selasa (11/5).

Rencananya, kata Samiruddin, untuk pelaksanaan Salat Ied yang akan digelar jemaah An-Nadzir di Kampung Mawang, Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Penerapan Salat Ied berjemaah itu pun, sambungnya, akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 yang ketat.


"Jemaah kita tetap menjalankan protokol khususnya dengan memakai masker," ujarnya.

Jemaah An-Nadzir diketahui telah melaksanakan ibadah puasa sejak Minggu 11 April lalu atau dua hari lebih cepat dari jadwal ibadah puasa yang ditetapkan pemerintah pada Selasa 13 April.

Sementara, dengan adanya keputusan 1 Syawal 1442 Hijiriah yang jatuh pada Rabu esok, sehingga jemaah An-Nadzir siang tadi sudah berbuka puasa.

"Tadi siang baru buka puasa. Karena menurut perhitungan kami sudah masuk 1 Syawal. Nabi mengatakan kalau sudah 1 Syawal wajib kita membuka puasa," kata Samiruddin.

(mir/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK