Hilal Tak Tampak, Puasa Ramadan Tahun Ini Genap 30 Hari

CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 19:39 WIB
Keputusan istikmal atau menggenapkan Ramadan tahun ini menjadi 30 hari diambil usai hilal tak tampak di 88 pos pemantauan. Keputusan istikmal atau menggenapkan Ramadan tahun ini menjadi 30 hari diambil usai hilal tak tampak di 88 pos pemantauan. Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah menetapkan istikmal atau menggenapkan Ramadan tahun ini menjadi 30 hari. Keputusan itu diambil usai hilal tak tampak di 88 pos pemantauan.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga menyebut ketinggian hilal di angka minus. Ketinggian hilal di berbagai daerah berada pada rentang -5 derajat hingga -4 derajat.

"Berdasarkan hisab posisi hilal minus, rukyat hilal tak terlihat. Maka 1 Syawal di istikmalkan sesuai hasil sidang Isbat tadi," kata Yaqut dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (11/5).


Dengan keputusan itu, maka umat Islam di Indonesia akan merayakan Idulfitri pada Kamis (13/5). Keputusan pemerintah sejalan dengan keputusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Yaqut berharap keputusan senada pemerintah, PBNU, dan PP Muhammadiyah jadi pertanda baik. Ia berharap perayaan Idulfitri secara bersamaan jadi simbol persatuan bangsa.

Yaqut menyampaikan Muslim masih bisa menjalankan ibadah salat Tarawih malam ini. Muslim juga masih akan berpuasa esok hari.

"Malam ini masih boleh salat Tarawih. Besok malam supaya tak ada takbir keliling karena takbir keliling potensial menyebabkan kerumunan dan karena itu potensi penularan Covid-19 makin terbuka lebar," ujarnya.

(dhf/gil)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK