Bali Jadi Provinsi Paling Taat Pakai Masker

CNN Indonesia | Kamis, 13/05/2021 05:10 WIB
Kementerian Kesehatan merilis hasil laporan survei tingkat kedisiplinan penerapan protokol kesehatan. Bali jadi provinsi paling taat pakai masker. Kementerian Kesehatan merilis hasil laporan survei tingkat kedisiplinan penerapan protokol kesehatan. Bali jadi provinsi paling taat pakai masker.Ilustrasi. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kesehatan merilis hasil laporan survei tingkat kedisiplinan penerapan protokol kesehatan. Hasil survei menunjukkan Provinsi Bali menjadi provinsi paling taat pakai masker. Sementara Aceh jadi provinsi paling tidak taat.

"Penggunaan masker tertinggi di Bali 92 persen dan terendah Aceh 72 persen," bunyi laporan tersebut, Rabu (12/5).

Tidak hanya survei penggunaan masker, tingkat kedisiplinan penerapan protokol kesehatan dari aspek lain juga ikut disurvei, seperti kontak langsung dengan orang. Pada Maret 2021, banyak orang Indonesia yang dilaporkan kerap melakukan kontak langsung dengan orang yang tidak tinggal bersama mereka, dibandingkan dengan Februari 2021.


"Naik sedikit meskipun secara statistik tidak signifikan, dari 36 persen menjadi 38 persen," ujarnya.

Lebih lanjut, survei menjelaskan kontak langsung meningkat 7 poin persentase atau lebih, di wilayah Nusa Tenggara Barat, Kepulauan Riau dan Sulawesi Selatan.

Dikutip Sehat Negeriku, Covid-19 Symptom Survey ini dijalankan oleh Program Gabungan Metodologi Survei University of Maryland dengan kemitraan bersama Facebook.

Laporan ini menganalisis data dari 178.988 responden dalam periode 10 Januari-31 Maret 2021. Temuan dari survei ini memberikan rincian demografis dari keraguan vaksin Covid-19 yang dilaporkan sendiri, alasan keraguan, sumber informasi terpercaya, dan perilaku utama seperti pemakaian masker dan jarak sosial di RI.

(can/age)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK