Anjing Pelacak Jaga Rutan Makassar Cegah Narkoba Masuk

CNN Indonesia | Jumat, 14/05/2021 11:35 WIB
Rutan Makassar menempatkan dua ekor anjing pelacak untuk mencegah masuknya narkoba di tengah kenaikan penitipan barang keluarga binaan. Rutan Makassar menempatkan dua ekor anjing pelacak unit K-9 BNNP Sulsel untuk mencegah masuknya narkoba di tengah kenaikan penitipan barang keluarga binaan saat hari raya Idulfitri. (CNN Indonesia/Muhammad Ilham).
Makassar, CNN Indonesia --

Kepala Rutan Makassar Sulistyadi menempatkan dua ekor anjing pelacak Unit K-9 Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Sulawesi Selatan untuk menjaga dan mencegah masuknya barang terlarang, khususnya narkoba di Rutan Makassar.

"Ini merupakan bagian dari mitigasi risiko dalam pencegahan peredaran narkoba di rutan. kami meminta bantuan BNNP Sulsel agar menghadirkan anjing pelacak," tutur dia, Jumat (14/5).

Sebab, umumnya Lebaran, lanjut Sulistyadi, terjadi peningkatan signifikan terhadap barang titipan keluarga binaan yang tidak dapat bertemu langsung karena pandemi covid-19.


"Saat hari lebaran kapasitas jumlah titipan meningkat drastis dibanding hari biasa. Karena itu, pengamanan dan antisipasi juga kami tingkatkan. Rencananya, anjing pelacak ini dijadwalkan tiga hari berada di Rutan," jelasnya.

Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Sulsel Agustinus Sollu menegaskan bahwa hal ini adalah langkah pencegahan terjadinya peredaran narkoba di Rutan Makassar.

"Ini merupakan langkah preventif yang dilakukan BNNP Sulsel di rumah tahanan," kata Agustinus.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto menuturkan ini adalah salah satu sinergitas dengan BNNP Sulsel.

"Kita apresiasi kerja sama yang baik dengan BNNP Sulsel dalam pencegahan peredaran gelap narkotika di dalam rutan," ujar Harun.

(mir/bir)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK