Guncangan Gempa M 7,2 Nias Terasa Hingga Aceh dan Sumbar

CNN Indonesia | Jumat, 14/05/2021 14:25 WIB
Warga di Aceh dan Sumatera Barat merasakan gempa yang episentrumnya berada di dekat Nias, Sumatera Utara pada Jumat (14/5) siang. Ilustrasi gempa. (Istockphoto/Kickers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,2 yang episentrumnya 141 kilometer Barat Daya Nias, Sumatera Utara, guncangannya dilaporkan terasa hingga Banda Aceh dan Aceh Tengah (Aceh). Juga terasa di Padang dan Bukittinggi (Sumatera Barat), Jumat (14/5).

Dalam situs resminya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pukul 13.33 WIB dengan koordinat 0.10 LU-96.53 BT (141 km Barat Daya Kabupaten Nias Barat). Hiposentrum atau kedalaman gempa itu adalah 19 kilometer di bawah permukaan bumi.

Sebagai informasi, BMKG melansir guncangan gempa itu terasa dengan skala MMI III-IV di seluruh wilayah Pulau Nias.  BMKG melansir tak ada potensi tsunami atas gempa yang terjadi. Pun, CNNIndonesia.com belum dapat mengonfimasi kondisi di Nias apakah ada kerusakan atau korban akibat gempa tersebut.


Gempa dengan skala MMI III juga dirasakan di Banda Aceh. Lalu, guncangan lebih rendah dirasakan di Aceh Tengah dan AekGodang yakni skala MMIII.

Sebagai informasi skala MMI adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, dengan rentang paling lemah (I)-paling kuat (XII).

Adapun skala MMI II kondisinya getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala MMI III kondisi di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Lalu, skala MM IIV kondisinya pada siang hari dirasakan orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Berdasarkan kesaksian seorang warga di Aceh Singkil, Ahmad Yasir, kepada CNNIndonesia.com mengatakan gempa terasa juga hingga ke wilayah tempat tinggalnya.

"Sekitar satu menit kurang lebih. Kami merasa lampu goyang. Akhirnya kami keluar, ke teras untuk jaga-jaga karena gempanya lebih lama dari biasanya. karena biasa gempa di sini awalnya," ujar Yasir.

Setelah gempa, kata dia, listrik pun padam.

"Mungkin PLN jaga-jaga," ujar dia yang mengaku tak ada kerusakan berarti akibat guncangan gempa itu di wilayahnya.

Di Banda Aceh, Susi mengaku terjadi guncangan gempa tersebut. Ia pun mengatakan sejauh ini tak ada terlihat ada kerusakan di wilayahnya akibat gempa.

"Tadi ada berasa tapi sebentar aja sih gempanya,"

Sementara itu di Bukittinggi, Sumatera Barat, Cut Aina mengatakan gempa memang terasa di wilayahnya sekitar pukul 13.30 WIB..

"Iya tadi ada (gempa) sekitar jam setengah dua. Gempanya enggak terlalu keras, tapi sering gitu, ada beberapa kali goyangnya," kata Aina saat dihubungi.

Kemudian di Kota Padang, salah seorang warga yakni Monica Fakhrizal mengatakan, "Tadi kerasa [gempa]. Goyangnya tuh kayak di atas kapal tapi enggak terlalu parah. Tiga menitan [guncangan yang terasa]."

Dia mengaku saat gempa terjadi, ia dan keluarga mencoba tak panik dan segera keluar dari dalam rumah.

"Langsung buru-buru keluar tapi nggak panik kok. orang sekitar rumah juga pada santai, santai tapi aware. tetangga juga pada keluar rumah," katanya.

(wel, els/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK