Pemudik Kembali ke Jakarta Wajib Bawa Surat Bebas Covid

CNN Indonesia | Jumat, 14/05/2021 20:01 WIB
Kepolisian mewajibkan kepada para pemudik yang akan kembali ke Jakarta untuk membawa surat keterangan bebas Covid-19 atau hasil swab antigen negatif. pos penyekatan mudik di KM 31 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021). (CNN Indonesia/Syakirun Niam)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepolisian mewajibkan kepada para pemudik yang akan kembali ke Jakarta dan sekitarnya membawa surat keterangan bebas Covid-19 atau hasil tes usap (swab) antigen negatif.

Nantinya, surat keterangan tersebut harus diperlihatkan kepada petugas di pos pemeriksaan yang telah disiapkan.

"Warga Jakarta yang mudik yang akan masuk ke Jakarta diwajibkan membawa surat antigen bebas Covid-19 dari daerah di mana mereka mudik, diperlihatkan surat bebas covid di titik pemeriksaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Jumat (14/5).


Yusri menerangkan pemeriksaan bakal dilakukan di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Kemudian, pemeriksaan juga dilakukan di Pos Cikupa (Kab Tangerang).

Lalu, untuk ruas jalan arteri, pemeriksaan surat bebas Covid-19 akan dilakukan di Jatiuwung (Kota Tangerang) serta Kedungwaringin (Kab Bekasi).

"Teknisnya semua kita lakukan pemeriksaan, bahwa semua pengendara wajib memperlihatkan surat bebas Covid-19," ucap Yusri.

Di sisi lain, Yusri mengimbau kepada pemudik untuk lebih dulu melakukan swab antigen di daerahnya sebelum melakukan perjalanan kembali ke Jakarta.

Tujuannya, untuk memudahkan proses pemeriksaan dan mencegah terjadinya penumpukan kendaraan.

"Tapi kalau tidak ada kita akan buka drive thru dan random sampling untuk swab antigen, tapi untuk lebih memudahkan supaya tidak terhambat di jalan, tidak terjadi kemacetan sebelum berangkat sebaiknya dilakukan swab antigen," tuturnya.

Sebelumnya, Yusri juga menyampaikan bahwa operasi penyekatan pemudik yang akan keluar dari Jakarta akan berakhir pada Jumat (14/5) malam ini.

"Operasi penyekatan mudik berakhir malam ini yang ada di beberapa titik di tol maupun yang arah keluar Jakarta," kata Yusri.

Berakhirnya operasi penyekatan ini, juga ditandai dengan kembali dibukanya jalan layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) mulai malam ini pukul 20.00 WIB.

Diketahui, sejak 6 Mei lalu dilakukan penutupan jalan layang dalam rangka larangan mudik lebaran.

"Malam jam 8 dibuka," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

(dis/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK