Arus Balik, Pemudik Dites Antigen di Tol Jakarta-Cikampek

CNN Indonesia | Minggu, 16/05/2021 10:42 WIB
Pengendara yang belum memiliki surat bebas covid-19 dites rapid antigen saat melintas tol Cikampek arah Jakarta pada Minggu (16/5). Pengendara yang belum memiliki surat bebas covid-19 dites rapid antigen saat melintas tol Cikampek arah Jakarta pada Minggu (16/5). (CNN Indonesia/Yogi Anugrah).
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya dan sejumlah instansi terkait melakukan tes antigen secara gratis bagi pengendara yang belum memiliki surat bebas covid-19 saat melewati Tol Jakarta-Cikampek, Minggu (16/5).

Pantauan CNNIndonesia.com, pemeriksaan dilakukan di KM 34 arah Jakarta. Pengendara yang melewati jalan diminta untuk meminggirkan kendaraannya dan menuju posko pemeriksaan yang telah disiapkan.

Hingga pukul 10.00 WIB, tampak belasan mobil antre menunggu giliran untuk diperiksa oleh petugas berpakaian APD di posko. Mayoritas adalah kendaraan pribadi.


Bagi mereka yang telah diperiksa dan dinyatakan negatif, petugas menempelkan stiker tanda telah diperiksa di bagian depan kendaraan.

Dari data yang dihimpun, setidaknya pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, ada 45 orang yang diperiksa. Dari pemeriksaan, tidak ada yang dinyatakan positif covid-19.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Inspektur Jenderal Istiono sebelumnya memprediksi, sekitar 1,5 juta masyarakat dari Jawa dan Sumatera yang akan kembali ke Jabodetabek menjelang akhir libur Lebaran.

Ia menyebut untuk mengantisipasi lonjakan kasus usai libur, pihaknya telah menyiapkan total 109 titik posko untuk melaksanakan tes acak di sejumlah perbatasan memasuki DKI. Jumlah itu bertambah dari sebelumnya hanya 25 titik.

"Kemudian kita tambahkan lagi titik-titik di wilayah, ini sebagai titik untuk memperbanyak random test, semakin banyak titiknya semakin bagus. Ada sekitar, 109 titik yang kita bangun," kata Istiono, Sabtu (15/5).

(yoa/bir)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK