20 Warga Positif Covid, Solo Lockdown Satu RT

CNN Indonesia | Minggu, 16/05/2021 18:26 WIB
Satgas Covid-19 Kota Solo mengkarantina RT 06 RW 07 Kelurahan Sumber, Banjarsari, usai 20 warga di sana dinyatakan positif Covid-19. Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Solo, CNN Indonesia --

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Solo memberlakukan karantina wilayah alias lockdown di RT 06 RW 07, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari. Langkah tersebut diambil setelah 20 warga di lingkungan tersebut terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19).

Sebanyak 19 orang di antaranya tanpa gejala atau hanya menunjukkan gejala ringan. Saat ini mereka karantina di Asrama Haji Donohudan. Sementara satu orang lainnya dirawat di RS Slamet Riyadi karena mengalami gejala hingga membutuhkan penanganan medis.

"Tidak kita karantina di rumah. Takutnya yang tidak kena (covid-19) malah tertular kalau dikarantina rumah," kata Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani melalui telepon, Minggu (16/5).


Keputusan mengarantina warga di Asrama Haji Donohudan, terangnya, diambil lantaran kondisi lingkungan di wilayah tersebut tidak memungkinkan. RT tersebut berupa permukiman padat dengan jarak rumah yang saling berdekatan. Selain itu, warga setempat masih mengandalkan mandi cuci kakus (MCK) komunal.

"Mungkin juga itu (MCK komunal) salah satu penyebabnya," katanya.

Ia mengakui warga setempat juga pernah menggelar buka bersama. Kegiatan tersebut diduga menjadi pemicu menyebarkan virus Covid-19 di RT tersebut.

"Kita imbau agar masyarakat jangan euforia karena lebaran. Ini jadi klaster karena kumpul-kumpul di lingkungan rumah," katanya.

Sementara itu, Plt Lurah Sumber, Supyanto menerangkan kasus pertama di RT tersebut sudah teridentifikasi beberapa hari sebelum lebaran. Selanjutnya, Puskesmas setempat mengadakan penelusuran kontak (tracing) dan tes swab ke seluruh warga yang berkontak dengan pasien positif covid-19.

"Sebagian masih belum keluar hasil tesnya," katanya.

Menurutnya, ada tiga akses keluar-masuk menuju wilayah RT tersebut. Saat ini tiga akses tersebut sudah ditutup dengan penjagaan dari karang taruna dan linmas setempat.

"Logistik semua kita support. Kita sediakan," katanya.

Sebagai informasi, total kumulatif kasus covid-19 di Solo mencapai 10.804 per Minggu (16/5) dengan angka kesembuhan mencapai 10.009. Sementara 204 orang menjalani isolasi mandiri, 62 dirawat di rumah sakit, dan 529 meninggal dunia.

(syd/wis)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK