10 Pemudik Balik ke Jakarta Positif Covid Langsung Diisolasi

CNN Indonesia | Senin, 17/05/2021 15:36 WIB
Mereka yang dinyatakan positif Covid-19 langsung diisolasi di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. Ada 10 pemudik yang kembali ke Jakarta dinyatakan positif terinfeksi virus corona (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Metro Jaya mengungkapkan ada 10 pemudik yang kembali ke Jakarta dinyatakan positif virus corona (Covid-19) berdasarkan hasil swab antigen.

Hingga Minggu (16/5) malam kemarin, tercatat ada 2.458 pemudik yang diperiksa di pos pemeriksaan ruas jalan tol dan 3.325 di pos pemeriksaan Kedungwaringin.

"Ada 10 yang positif, semua sudah dibawa ke RS Wisma Atlet," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kepada wartawan, Senin (17/5).


Fadil juga mendukung sikap masyarakat yang membuat spanduk di berbagai lokasi. Spanduk yang dimaksud bertuliskan imbauan agar para pemudik melakukan swab antigen.

"Ya bagus itu kan agar warganya sadar. Kita dukung warga-warga yang peduli dengan lingkungannya, apalagi kan ini mengajak bukan memaksa," ucap Fadil.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyampaikan pihaknya menambah dua pos pemeriksaan dari yang sebelumnya berjumlah 12 pos.

Tujuannya, untuk memastikan seluruh pemudik yang kembali ke Jakarta tak ada yang lolos dari proses pemeriksaan.

"Ada tambahan di terminal Kampung Rambutan dan Tanjung Priok, kita evaluasi dari tahun kemarin setiap arus mudik terjadi peningkatan kasus," ucap Yusri.

Polri juga tetap melakukan penyekatan hingga 24 Mei mendatang meski Operasi Ketupat 2021 telah usai. Penyekatan dilakukan untuk memeriksa para pemudik yang ingin kembali dari kampung halaman.

Sebanyak 109 titik penyekatan itu tersebar di 26 lokasi jalan tol dan 83 lainnya tersebar di ruas jalan arteri atau nasional.

Adapun titik penyekatan di jalan tol yakni, 16 titik di rest area, 7 titik di gerbang tol masuk utama, 1 lokasi di Exit Tol Solo-Ngawi, 1 lokasi di Exit GT Cikarang Utama (KM 31), 1 Posko Terpadu di Tol Cikampek (KM 47,8).

Kemudian 83 titik lain akan tersebar di Polda Sumatera (39), Polda Metro Jaya (2), Polda Jawa Barat (22), Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (10), Polda Jawa Timur (8), Polda Bali (2).

(dis/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK