Polri Kirim Ribuan Personel Kawal Aksi Solidaritas Palestina

CNN Indonesia | Selasa, 18/05/2021 10:12 WIB
Ribuan personel polri bakal menjaga aksi solidaritas yang dipusatkan di Kantor Kedubes AS dan Kantor Perwakilan PBB di Jakarta. Polisi bakal mengerahkan ribuan personel untuk mengawal aksi solidaritas untuk Palestina di Jakarta (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Metro Jaya menerjunkan ribuan personel dalam rangka pengamanan aksi solidaritas untuk Palestina yang digelar oleh massa buruh pada hari ini, Selasa (18/5).

Diketahui, buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) rencananya menggelar unjuk rasa di depan Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Jakarta dan Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

"Kalau pengamanan di kedutaan Amerika Serikat sendiri 905 personel yang kita turunkan, buat yang di kantor PBB ada 236 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Selasa (18/5).


Yusri mengingatkan kepada para massa aksi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, saat ini masih dalam situasi pandemi virus corona.

"Jangan sampai nanti melanggar (protokol kesehatan) nanti malah dikenakan undang-undang tentang karantina maupun juga wabah penyakit," tutur Yusri.

Terkait pengalihan arus lalu lintas, Yusri menyebut masih bersifat situasional. Artinya, tergantung pada situasi dan kondisi di lapangan.

"Pengalihan arus lalu lintas tetap situasional, tapi kita siapkan (personel) di perempatan-perempatan jalan juga," ujarnya.

Sementara itu, Said Iqbal selaku Presiden KSPI, menuturkan aksi ini merupakan bentuk solidaritas buruh untuk rakyat Palestina berkaitan dengan serangan yang dilakukan oleh Israel.

Said menyampaikan bahwa kaum buruh Indonesia mengutuk keras serangan yang dilakukan oleh Israel. Terlebih, serangan ini menyebabkan banyak korban jiwa, termasuk anak-anak, perempuan, dan orang tua.

"Kami meminta penjajahan dan pembantaian yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina dihentikan," ucap Said dalam keterangannya.

Lebih lanjut, Said menyebut aksi ini tak hanya digelar di Jakarta, tapi juga di 24 provinsi lain, yakni Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sumatera Utara, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Aceh, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan lainnya.

"Aksi buruh akan dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan. Seperti melakukan rapid antigen, menjaga jarak, menggunakan masker, dan membawa handsanitizer," kata Said.

(dis/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK