Pintu Air Manggarai Siaga 3, Warga Diminta Waspada Banjir

CNN Indonesia | Selasa, 25/05/2021 07:40 WIB
BPBD DKI Jakarta menyampaikan Pintu Air Manggarai berstatus waspada dengan tinggi muka air 765 sentimeter dan cuaca mendung. Pemulung mencari plastik sampah rumah tangga yang menumpuk di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Kamis, 25 Oktober 2018. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan Pintu Air Manggarai siaga 3 atau berstatus waspada. Saat ini tinggi muka air mencapai 765 sentimeter dengan kondisi cuaca mendung sejak pukul 04.00 WIB pada Selasa (25/3).

Informasi tersebut dibagikan BPBD lewat akun Twitter @BPBDJakarta berdasarkan data Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta.

BPBD meminta warga mengantisipasi dampak kenaikan Pintu Air Manggarai, khususnya di wilayah Gondangdia, Grogol, Kalianyar, Palmerah, Karet Tengsin, dan Kota Bambu Barat. Selain itu, Kota Bambu Selatan, Menteng, Petamburan dan Tomang.


BPBD juga melakukan penyebaran informasi kepada lurah serta warga yang tinggal di bantaran sungai melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, laman dan aplikasi percakapan WhatsApp.

Selain itu, Pintu Air Cipinang Hulu juga sempat siaga 3 atau berstatus waspada pada dini hari tadi. Namun, sejak pukul 06.00 WIB, status Pintu Air Cipinang hulu menurun ke siaga 4 atau normal.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hari ini sebagian wilayah Jakarta diguyur hujan, di antaranya Jakarta Selatan dan Timur.

"Waspada hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore dan malam hari," demikian bunyi peringatan BMKG yang diunggah akun BPBD DKI.

(dmi/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK