WatchDoc Klaim Terima Ratusan Permintaan Nobar EndGame KPK

CNN Indonesia | Minggu, 30/05/2021 16:29 WIB
WatchDoc, rumah produksi film-film dokumenter isu-isu sosial, mengaku telah menerima ratusan permintaan nobar  offline film the EndGame pada 5 Juni. Pendiri WatchDoc, Dandhy Dwi Laksono klaim terima banyak permintaan nobar The EndGame KPK. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

WatchDoc, rumah produksi audio visual film-film dokumenter soal isu-isu sosial dan lingkungan hidup, mengaku telah menerima ratusan permintaan nobar (nonton bareng) offline film Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) the EndGame pada 5 Juni.

Pendiri WatchDoc, Dandhy Dwi Laksono mengaku permintaan itu masuk belum sehari sejak pendaftaran permintaan dibuka pada Sabtu (29/5) malam. Dia berkata, permintaan itu sebagian besar datang dari kota-kota besar di Jawa.

"Ini hari pertama aja udah 100 lebih. Belum satu hari bahkan, 100 lokasi. Baru tadi malam kami rilis," kata dia saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (30/5).


TheEndGame adalah film dokumenter yang diproduksi WatchDoc dan bercerita soal kesaksian para pegawai KPK yang dinyatakan tak lulus asesmen atau tes wawasan kebangsaan (TWK) dalam alih proses menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Kedua trailer film itu sejak dirilis tiga hari lalu telah ditonton lebih dari 70 ribu di YouTube. Dalam trailer pertama film itu menceritakan kesaksian sejumlah pegawai yang dinyatakan tak lulus wawasan kebangsaan. Mereka yang tak lulus berasal dari sejumlah kelompok dan latar belakang agama yang berbeda.

Sedangkan, trailler film kedua menceritakan kesaksian 16 penyidik dan penyelidik, terkait sejumlah kasus yang mereka tangani di KPK. Mereka antara lain, Novel Baswedan, Kasatgas Penyelidik KPK Harun Al Rasyid, Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo, dan sejumlah nama lain.

"Saya itu tahu di mana Masiku berada. Tinggal saya ambil ini," ujar Harun dalam penggalan wawancara tersebut.

"Reklamasi saya ikut. Waktu itu sempat kita mau melakukan penangkapan. Tim lapangan justru malah ditodong senjata," kata Novel.

Dandhy mengaku pihaknya saat ini memang tengah memprioritaskan agenda nobar offline film TheEndGame. Ia ingin ada pertemuan secara fisik dan diskusi intens saat orang berkumpul membicarakan soal isu polemik asesmen KPK.

Sejumlah pihak atau organisasi yang hendak menggelar nobar offline film The EndGame bisa mengajukan langsung ke WatchDoc, dengan dihadiri minimal 15 orang dan menerapkan protokol kesehatan.

"Dengan nobar akan ada diskusi, akan ada pertemuan fisik, nggak hanya online. Terutama offline. Dan paling penting diskusinya, ada cukup intens dibandingkan nobar online," kata dia.

(thr/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK