Pimpinan DPR Terima Info Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021

CNN Indonesia | Senin, 31/05/2021 16:38 WIB
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco menerima informasi bahwa Indonesia tak mendapat kuota haji 2021. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco menerima info Indonesia tak dapat kuota haji 2021. (Foto: CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan menerima informasi Indonesia tidak mendapat kuota jemaah ibadah haji tahun 2021.

Pernyataan itu disampaikan Dasco saat menolak membahas soal program vaksinasi Covid-19 untuk jemaah ibadah haji.

"Sementara kita enggak usah bahas itu [vaksinasi] dulu, karena info terbaru yang kita dengar kita enggak dapat kuota haji," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (31/5).


Namun ia tak merinci soal info tersebut. Dasco menuturkan bahwa ketiadaan kuota haji itu menjadi pelajaran bagi Indonesia.

"Ini jadi pelajaran juga bagi kita supaya soal vaksin ini kita akan lebih perhatikan agar tidak terjadi hal-hal seperti ini," katanya.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa Arab Saudi sampai saat ini belum memberikan kepastian terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah/2021 tahun ini.

Kepastian itu terkait keputusan Saudi apakah hanya akan memberikan kuota untuk jemaah dalam negeri saja atau mengundang jemaah dari luar negeri.

"Pemerintah Kerajaan Arab Saudi hingga saat ini belum juga memberikan kepastian, sekali lagi belum memberikan kepastian," kata Yaqut saat menggelar rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks MPR/DPR.

"Apakah penyelenggaraan haji 2021 akan dilaksanakan seperti tahun 2020 lalu hanya jamaah dalam negerinya atau mengundang jemaah dari luar Arab Saudi," tambah Yaqut.

Diketahui, pada penyelenggaraan ibadah haji 2020 otoritas Saudi hanya mengizinkan warga yang berada di dalam negaranya menggelar ibadah haji.

(mts/pris)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK