Anies-Ridwan Kamil Saling Ucapkan Selamat atas WTP dari BPK

CNN Indonesia | Selasa, 01/06/2021 14:40 WIB
Jawa Barat sudah 10 tahun berturut-turut meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK. Sementara DKI Jakarta 4 tahun berturut-turut. Tiga gubernur: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil beberapa waktu lalu di Jakarta. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saling mengucapkan seamat terkait pencapaian mereka mendapatkan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ucapan selamat itu disampaikan melalui media sosial. 

Mulanya, Ridwan Kamil dalam mencuitkan keberhasilan Jabar meraih penghargaan WTP dari BPK yang ke-10 secara berturut-turut. Tampak foto Ridwan Kamil mengembangkan semua jarinya sehingga membentuk angka 10.

"Jawa Barat meraih penghargaan tertinggi WTP (wajar tanpa pengecualian) dari @bpkri yang ke-10 kali secara berturut-turut. Pengumuman ini disampaikan Wakil Ketua BPK, Bapak Agus Joko Pramono dalam sidang paripurna DPRD Jawa Barat," cuit Ridwan dalam akun @ridwankamil, Senin (31/5).


Cuitan Ridwan itu langsung mendapat respons dari Anies. Lewat akun @aniesbaswedan, Anies menyampaikan selamat kepada Ridwan terkait pencapaian tersebut.

"Selamat, Kang!" cuit Anies.

Ridwan kemudian menyampaikan terima kasih atas ucapan selamat Anies. Ia tak lupa membalas ucapan selamat serupa, lantaran DKI juga berhasil meraih penghargaan WTP.

"Hatur nuhun Mas Anies. Sukses juga untuk DKI pencapai WTP 4 kalinya," cuit Ridwan.

Pemprov DKI sebelumnya mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas laporan keuangan tahun 2020. Raihan predikat Opini WTP ini merupakan keempat kali yang dapat dipertahankan berturut-turut, sejak 2017, 2018, 2019, dan 2020.

Menurut Anies, meraih opini WTP kali ini bukan perkara mudah. Pasalnya, DKI dan daerah lainnya terkena dampak pandemi virus corona (Covid-19).

"Mempertahankan WTP itu semakin bertambah tahun semakin sulit. Apalagi kali ini kita dihadapkan dengan pandemi. Mengatasi pandemi dengan baik sambil menjaga jalannya pemerintahan tetap prudent adalah tantangan besar," kata Anies.

Anies dan Ridwan adalah dua nama kepala daerah yang kerap disebut di pemberitaan maupun media sosial. Hal ini membuat keduanya kerap dikaitkan dengan bursa calon presiden/wakil presiden di 2024. Keduanya bukan kader partai politik manapun.

Nama kepala daerah lain yang kerap muncul adalah Ganjar Pranowo, politikus PDIP. Namun belakangan hubungan Ganjar dengan salah satu petinggi PDIP yang juga Ketua DPR Puan Maharani, tengah menghangat.

Pemilihan Presiden (Pilpres) akan digelar 2024. Namun sejumlah nama mulai mengemuka. Jokowi tak bisa mencalonkan lagi karena sudah dua periode terpilih.

Nama lain yang muncul adalah pesaing Jokowi di 2019, Prabowo Subianto yang kini jadi Menteri Pertahanan. Elektabilitas Prabowo juga sangat menjanjikan versi sejumlah lembaga survei.

(dmi/sur)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK