TransJakarta Terhenti di Tengah Rel, Penumpang Berhamburan

CNN Indonesia | Selasa, 01/06/2021 14:55 WIB
Penumpang bus TransJakarta berhamburan keluar ketika kendaraan yang mereka tumpangi tiba-tiba berhenti di perlintasan kereta di kawasan Halimun, Jakarta. Ilustrasi penumpang di bus TransJakarta. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penumpang bus TransJakarta berhamburan keluar ketika kendaraan yang mereka tumpangi tiba-tiba terhenti di perlintasan kereta api di kawasan Halimun, Jakarta Selatan pada Senin (31/5).

Insiden itu sempat viral di media sosial setelah dibagikan akun @drama.kereta di Instagram. Dalam video yang dibagikan akun tersebut, terlihat para penumpang berhamburan keluar setelah bus yang mereka tumpangi tiba-tiba terhenti, sementara, tidak jauh dari situ ada KRL yang akan melaju.

Direktur Utama PT Transjakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo membenarkan insiden itu. Menurut dia, saat itu bus rute Manggarai-Blok M itu melintas dari arah Tosari dengan kondisi lampu perlintasan kereta sudah berwarna hijau.


"Namun, saat melintas tepat di atas rel kereta api Halimun, Jakarta Pusat, roda bus tiba-tiba terhenti. Tidak lama, sirine kereta api terdengar berbunyi yang mengakibatkan pelanggan yang berada di dalam bus panik dan berinisiatif turun untuk menyelamatkan diri dari dalam bus menggunakan pintu depan dan tengah," kata Jhony dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/6).

Menurut dia, setelah pelanggan telah turun, dengan sigap petugas patroli yang berada di lokasi kejadian dibantu warga mendorong bus tersebut agar bisa melintasi rel.

Setelah bus berhasil keluar dari rel, pelanggan kembali naik ke dalam bus dan melanjutkan perjalanan. Ia mengatakan, insiden ini bukan karena kerusakan pada bus.

[Gambas:Instagram]

Jhony mengatakan, saat ini pihaknya masih menginvestigasi insiden tersebut untuk mencari tahu penyebab mengapa bus tiba-tiba terhenti.

"Atas kejadian ini, TransJakarta melalui tim operasional dan tim teknik akan melakukan investigasi lebih lanjut," tutur Jhony.

"Penyebab kejadian saat ini tengah diselidiki oleh pihak terkait. Pramudi yang bertugas saat itu juga turut diberikan sanksi," kata dia menambahkan.

(dmi/nma)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK