Kemenkes Izinkan DKI Vaksinasi Warga Usia 18 Tahun Ke Atas

CNN Indonesia | Selasa, 08/06/2021 19:31 WIB
Kemenkes meminta DKI tetap memprioritaskan vaksinasi kepada tenaga kesehatan, kelompok lanjut usia, petugas pelayanan publik dan kelompok masyarakat rentan. Kemenkes mengizinkan Pemprov DKI Jakarta memperluas sasaran vaksinasi Covid-19 kepada warga berusia 18 tahun ke atas. Ilustrasi (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengizinkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperluas sasaran vaksinasi Covid-19 kepada seluruh penduduk berusia 18 tahun ke atas.

Hal itu tertuang dalam surat Kementerian Kesehatan yang ditujukan kepada Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu membenarkan surat tersebut.

"Provinsi DKI Jakarta dapat memperluas sasaran vaksinasi Covid-19 kepada seluruh penduduk usia 18 tahun ke atas," demikian bunyi surat tersebut, sebagaimana dikutip Selasa (8/6).


Kemenkes meminta DKI tetap memprioritaskan pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan, kelompok lanjut usia, petugas pelayanan publik dan kelompok masyarakat rentan (masyarakat di daerah kumuh), serta orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang belum mendapatkan vaksinasi.

Kemenkes mengizinkan hal tersebut dengan berbagai pertimbangan. Di antaranya, sampai dengan Minggu (6/6) jumlah kasus positif di Jakarta mencapai 435.135, dengan kasus aktif sebanyak 11.518 dan kematian sebanyak 7.438 kasus.

"Di mana 35 persen kasus positif aktif dengan gejala sedang sampai kritis membutuhkan perawatan di rumah sakit. Persentase kasus positif di Provinsi DKI Jakarta selama satu pekan terakhir sebesar 7,62 persen (lebih dari 5 persen), hal ini menunjukkan bahwa transmisi penularan penyakit di Provinsi DKI Jakarta masih cukup tinggi," jelas surat tersebut.

Pertimbangan lain, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Jakarta sudah memasuki tahap ketiga dengan sasaran masyarakat rentan. Namun pelaksanaannya masih terbatas.

Kemudian, Kemenkes juga mempertimbangkan bahwa Jakarta merupakan ibu kota negara yang menjadi pusat pemerintahan dan pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga penting untuk segera menekan dan mengendalikan kasus Covid-19.

"Salah satunya dengan mencapai herd immunity melalui pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan cakupan tinggi dan merata," demikian mengutip surat tersebut.

(dim/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK