Wasekjen PDIP Bantah Mega Panggil Bambang soal Ganjar-Puan

CNN Indonesia | Kamis, 10/06/2021 01:43 WIB
Wasekjen PDIP Utut Adianto menyatakan tak tahu apakah Ketum PDIP Megawati melayangkan teguran pada Bambang Wuryanto atau tidak soal Ganjar dan Puan. Wakil Sekretaris Jenderal PDIP, Utut Adianto. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP, Utut Adianto, membantah kabar Ketua DPP PDIP bidang Pemenangan Pemilu, Bambang 'Pacul' Wuryanto, dipanggil Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri usai kegaduhan politik internal antara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Ketua DPP PDIP bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani seputar calon presiden (capres) 2024.

Utut juga mengaku tidak tahu soal kabar Megawati sudah menegur Bambang Pacul usai kegaduhan di internal PDIP itu terjadi.

"Belum tahu saya, yang itu benar-benar enggak tahu saya. Setahu saya, belum ada," kata Utut kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (9/6).


"Kamu ini gimana, orang saya enggak tahu [teguran dari Megawati], ditanya lagi. Orang enggak tahu masih ditanya. Setahu saya belum ada, kalau dipanggil apa kan ada cerita ke saya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Utut merespons soal rekaman suara Pacul yang beredar di media sosial di mana Pacul mematok Puan sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2024.

Menurutnya, pernyataan Pacul itu seharusnya tidak tersiar ke publik karena bersifat off the record saat Pacul berbincang dengan sejumlah wartawan.

"Yang disampaikan Mas Pacul itu sebenernya dia sedang brainstorming, off the record, tapi bocor," ujar Ketua Fraksi PDIP DPR RI itu.

Ia pun menolak mengomentari apakah pernyataan Pacul itu berbahaya karena Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menginginkan Puan menjadi capres 2024z

"Tanya ke Mas Pacul, Mas Pacul paling tahu idenya apa," ujar dia.

Sebelumnya, Pacul mengibaratkan Puan seperti minuman merek 'Teh Botol Sosro'. Hal tersebut diketahui dari rekaman suara Pacul yang diunggah akun Twitter @DiniHrdianti yang diakses CNNIndonesia.com pada Senin (7/6). Dalam rekaman itu, Pacul diduga sedang berbicara dengan kader PDIP di Jawa Tengah.

Dia menyatakan Puan akan menjadi cawapres siapapun capres yang diusung oleh PDIP nantinya.

"Teh botol Sosro, apapun makanannya Puan Maharani wakilnya. Siapapun calon presidennya, wakilnya PM [Puan Maharani]," kata Pacul dalam rekaman itu.

Saat dikonfirmasi, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto pun membenarkan bahwa suara pria pada rekaman tersebut merupakan Bambang Pacul.

Hasto menyebut rekaman tersebut adalah perbincangan Bambang bersama wartawan di sebuah kantor partai di Jawa Tengah, bukan dengan Megawati. Kendati, dia tak mengatakan spesifik kapan waktunya.

"Oh itu Pak Bambang Pacul sedang berada di Jawa Tengah. Di kantor partai dan kemudian berbicara dengan wartawan yang seharusnya off the record. Tapi, ternyata malah ada yang membocorkan," kata Hasto di Gedung DPD PDIP DIY, Kota Yogyakarta, Sabtu (5/6).

(mts/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK