Gempa Samosir Magnitudo 2,8, Warga Diminta Waspada

CNN Indonesia | Jumat, 11/06/2021 12:53 WIB
Gempa yang mengguncang wilayah Pulau Samosir berpusat di darat. Warga diminta waspada gempa susulan yang mungkin terjadi. Ilustrasi pencatatan getaran gempa bumi (Istockphoto/Petrovich9)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa bumi Magnitudo 2,8 mengguncang wilayah Pulau Samosir, Sumatera Utara pada hari ini, Jumat (11/6). Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi sekitar pukul 10.07.04 WIB.

BMKG menyatakan pusat gempa berada di darat 8 kilometer tenggara Samosir. Lokasi pusat gempa berada di koordinat 2.56 Lintang Utara, 98.75 Bujur Timur.

"Pusat gempa berada di darat 8 km tenggara Samosir, kedalaman 1 kilometer," mengutip situs resmi BMKG, Jumat (11/6).




Meski getaran yang dirasakan tergolong kecil, BMKG tetap meminta masyarakat untuk hati-hati. BMKG juga meminta masyarakat untuk waspada terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Sebelumnya, gempa juga baru saja terjadi di wilayah Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, pada pukul 09.23 WIB,  Jumat (11/6). Pusat gempa berada di koordinat 0.06 Lintang Selatan-124.40 Bujur Timur atau 66 kilometer tenggara Bolaanguki, Bolaang Mongondow Selatan, Sulut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa dengan pusat kedalaman 14 kilometer itu tidak berpotensi tsunami.

(bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK