Ganjar Sindir dan Puji Gimik BTS Meal

CNN Indonesia | Sabtu, 12/06/2021 17:16 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan ada inovasi dalam BTS Meal, namun sayangnya menciptakan kerumunan. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: CNN Indonesia/ Damar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut kunci dalam menjawab tantangan di era industri 4.0 adalah inovasi.

Ia mencontohkan inovasi yang digunakan oleh Mcdonald's yang berhasil mencetak pundi uang dari gimik berkolaborasi dengan band Kpop, BTS.

Lewat BTS Meal yang diluncurkan di 50 negara, salah satunya Indonesia, Mcdonald's berhasil menarik pangsa pasarnya sendiri walau produk yang ditawarkan sebetulnya tidak jauh berbeda dari yang dipasarkan sebelumnya.


Beda BTS Meal, menurut Ganjar, hanya bungkusnya saja yang menggunakan logo BTS dan dilengkapi dengan bungkus berwarna ungu. Itu saja, lanjutnya, meledak di Indonesia sampai membuat kerumunan.

"Mcd saja jualan makanan kayak ngono (gitu), tok cuma dibungkus BTS itu sudah kerumunan, artinya apa? Gimiknya adalah inovasi," katanya pada peluncuran portal Kagamakarir.id, Sabtu (12/6).

Meski tak masuk akal, namun ia menyebut inovasi yang sukses di pasaran juga mendatangkan rezeki untuk masyarakat. Misalnya kantong BTS Meal yang dijual kembali di e-commerce hingga ratusan ribu rupiah.

Fenomena kekinian itu, menurut dia, yang harus dipelajari oleh sistem pendidikan di Indonesia. Ganjar ingin sistem pendidikan di RI bersifat lebih progresif dan mengadopsi perubahan sehingga bisa memasok tenaga kerja yang dicari oleh industri.

(wel/asa)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK