Jokowi Ungkap Relawan Dirayu Pihak Lain Jelang Pilpres 2024

CNN Indonesia | Minggu, 13/06/2021 17:49 WIB
Presiden Jokowi meminta relawannya untuk tidak 'grasah-grusuh' menghadapi Pilpres 2024. Presiden Jokowi meminta relawannya untuk tidak 'grasah-grusuh' menghadapi Pilpres 2024. Foto: Agus Suparto/Fotografer Pribadi Jokowi
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sejumlah relawan sudah meminta arahan dirinya untuk menghadapi Pilpres 2024. Dia meminta para relawan Jokowi untuk sabar terlebih dahulu.

"Di kesempatan yang baik ini ingin saya sampaikan, sabar, sabar dulu. Tidak usah tergesa-gesa, enggak usah tergesa-gesa. Enggak usah grasah-grusuh," ujar Jokowi saat membuka Rapat Pimpinan Nasional Seknas Jokowi secara virtual, Sabtu (12/6).

Jokowi menilai relawan Jokowi, termasuk Seknas Jokowi sebagai sesuatu yang 'seksi'. Dia tidak memungkiri relawannya akan diajak untuk mendukung salah satu calon di Pilpres 2024.


Selain itu, dia memprediksi relawan Jokowi akan menjadi rebutan para pihak di Pilpres 2024.

"Kenapa begitu? karena relawan ini telah terbukti bisa mengantarkan saya menjadi presiden RI dua periode. Bener enggak?," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi membeberkan sejumlah kelompok relawan sudah ada yang diajak untuk mendukung pihak yang ingin maju di Pilpres 2024. Namun, dia enggan menyebut siapa pihak yang mendekati para pendukungnya.

"Sekarang saja sudah ada relawan Jokowi yang ditarik-tarik untuk mendukung si A. Sudah ada yang dirayu-rayu untuk mendukung si B, dan dirangkul oleh si C, dan seterusnya. Tapi masih lebih banyak lagi relawan yang masih menunggu," ujar Jokowi.

Terkait dengan hal itu, dia meminta para relawan untuk mengamati perkembangan menuju Pilpres 2024. Dia kembali mengingatkan pendukungnya untuk tidak terges-gesa mendukung salah satu pihak.

"Ojo kesusu. Mari kita pelajari bersama-sama konstelasi politik, kita pelajari bersama-sama peta politiknya dengan baik. Saya melihat masih ada waktu yang cukup untuk melakukan itu semua," ujarnya.

Jokowi memastikan akan memberi arahan terkait dengan Pilpres 2024 pada saat yang tepat. Dia mengaku akan menyampaikan ke mana 'kapal besar' relawan Jokowi akan menuju.

"Dan untuk saat ini saya mengajak para relawan semuanya untuk fokus membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid yang disertai dengan krisis kesehatan dan juga krisis ekonomi," ujar Jokowi.

Lebih dari itu, Jokowi mengingatkan kesehatan dan keselamatan rakyat harus menjadi prioritas. Dia berkata Indonesia harus tangguh menghadapi pandemi.

"Saya juga menaruh harapan kepada Seknas untuk ikut mengawal agenda strategis nasional menuju Indonesia maju karena itu adalah legacy yang ingin kita berikan kepada masyarakat, bangsa, dan negara," ujarnya.

(jps/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK