Survei: 75,6 Persen Warga Puas Atas Kinerja Jokowi

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 01:32 WIB
Berdasarkan survei SMRC, sebanyak 75,6 persen warga puas atas kinerja Presiden Joko Widodo secara umum. Berdasarkan survei SMRC, sebanyak 75,6 persen warga puas atas kinerja Presiden Joko Widodo secara umum. (Muchlis - Biro Pers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 75,6 persen warga menyatakan puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo secara umum dalam survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Minggu (13/6).

Survei tersebut dilakukan melalui wawancara langsung terhadap 1.220 responden berusia 17 tahun ke atas di seluruh Indonesia dengan mematuhi protokol kesehatan. Survei digelar mulai 21-28 Mei lalu, dengan margin of error 3,05 persen.

"Kita lihat pertama tingkat kepuasan publik pada Jokowi sekarang ini mayoritas 75,6 persen sangat atau cukup puas pada kinerja Jokowi," ujar Manajer Umum SMRC, Saidiman Ahmad dalam paparannya.


Dari jumlah tersebut, sebanyak 23,4 persen sisanya menyatakan kurang atau tidak puas sama sekali. Menurut Saidiman penilaian itu tidak banyak berubah sejak survei terakhir tiga bulan sebelumnya.

"Sementara yang kurang atau tidak puas sebanyak 35,4 persen," kata dia.

Selain itu, survei juga dilakukan untuk mengukur kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah pusat menangani pandemi Covid-19. Dan hasilnya, 61,8 persen publik menyatakan puas, dan hanya 35,4 persen sisanya kurang atau tidak puas.

Menurutnya, survei ini juga dilakukan untuk mengukur kepuasa publik terhadap kinerja pemerintah pusat dalam pemulihan ekonimi nasional akibat pandemi Covid-19.

Dan hasilnya, 52 persen responden menyatakan puas, lalu 43 persen menyatakan kurang atau tidak puas. Tingkat ketidakpuasan ini naik 36 persen sejak tiga bulan sebelumnya.

"Ada 52 persen warga yang merasa puas dengan kinerja pemerintah pusat menangani pemulihan ekonomi akibat pandemi. Yang kurang atau tidak puas 43 persen, tingkat kepuasan ini menurun 9 persen," kata dia.

(thr/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK