Jokowi Beri Tenggat Anies Capai Herd Immunity Jakarta Agustus

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 10:37 WIB
Di hadapan Anies Baswedan, Presiden Jokowi memerintah Gubernur DKI itu untuk mewujudkan herd immunity di ibu kota paling lambat Agustus 2021. Presiden Jokowi memerintah Gubernur DKI Anies Baswedan untuk mewujudkan herd immunity di Jakarta paling lambat Agustus 2021. Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo memberi target kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap Covid-19 pada Agustus 2021.

Jokowi meminta Anies meningkatkan kapasitas vaksinasi di Jakarta hingga 100 ribu orang per hari. Dia ingin perintah itu dilaksanakan mulai pekan depan.

"Kita harapkan dengan jumlah yang tadi sudah kita targetkan, di bulan Agustus nanti sudah bisa mencapai kekebalan komunal," kata Jokowi di Waduk Pluit, Jakarta, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/6).


Dalam kesempatan itu, Anies turut hadir. Selain itu, ada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Jokowi juga memberi perintah serupa kepada Budi. Ia meminta kapasitas vaksinasi di Ibu Kota terus ditingkatkan.

Mantan Wali Kota Solo itu memerintahkan kepada Anies dan Budi untuk menyiapkan manajemen dan stok vaksin. Dengan begitu, target Jakarta herd immunity bulan Agustus bisa tercapai.

"Dari hitung-hitungan, saya kira insyaallah semuanya lancar," ujar Jokowi.

Jokowi berpesan peningkatan kapasitas vaksinasi tak hanya bertujuan mengejar herd immunity di Jakarta. Ia berharap vaksinasi dapat mengerem laju penularan Covid-19 di Ibu Kota.

Pemerintah telah melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap 20.158.937 orang per Minggu (13/6). Dari jumlah itu, sebanyak 11.568.457 orang sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Indonesia merencanakan vaksinasi Covid-19 untuk 181,5 juta orang. Pemerintah Indonesia berambisi menuntaskan program itu di akhir 2021.

(dhf/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK