Klaster Hajatan Madiun, 66 Warga Desa Bantengan Positif Covid

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 10:54 WIB
Sebanyak 66 orang positif atau reaktif Covid-19 setelah ratusan warga Desan Bantengan, Kabupaten Madiun, yang menghadiri hajatan menjalani tes cepat antigen. Sebanyak 66 warga di Desa Bantengan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur positif atau reaktif Covid-19 usai menghadiri pernikahan pekan lalu. Ilustrasi (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 66 orang dinyatakan positif atau reaktif virus corona (Covid-19) usai tes cepat antigen di Desa Bantengan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Tes cepat dilakukan terhadap ratusan warga Desa Bantengan yang mengalami gejala Covid-19 setelah menghadiri hajatan pernikahan salah satu warga pekan kemarin.

"Ada warga yang mengalami gejala Covid-19 setelah datang di acara hajatan. Kami lalu melaksanakan rapid test antigen, ternyata hasilnya ada 60 lebih warga pemohon yang hasilnya reaktif," ujar Kepala Desa Bantengan Hartanto, dikutip dari Antara, Senin (14/6).


Hatanto mengatakan pihaknya langsung menerapkan isolasi mandiri skala mikro terhadap warganya yang positif Covid-19 tersebut. Pihaknya pun masih menunggu hasil tes swab puluhan warga tersebut sambil menunggu petunjuk dari Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun.

"Selain itu, kami juga melakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh ke seluruh rumah warga desa," ujarnya.

Menurutnya, belum ada warga yang dirujuk ke rumah sakit meski beberapa mengalami gejala. Mereka telah memeriksakan diri ke puskesmas setempat dan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Meski begitu, kata Hartanto, pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menyiagakan mobil ambulans jika sewaktu-waktu terdapat warga yang harus dibawa ke rumah sakit.

Lebih lanjut, ia memastikan pihaknya telah menyiapkan sejumlah logistik yang dibutuhkan untuk para warga. Sisi lain, petugas puskesmas setempat terus memperluas "tracing" atau pelacakan terhadap klaster acara pernikahan tersebut.

Sesuai data yang dikeluarkan oleh laman resmi https://infocovid19.jatimprov.go.id, jumlah kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Madiun hingga Minggu (13/6) mencapai 197 orang.

Secara total, kasus Covid-19 di Kabupaten Madiun mencapai 3.970 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 3.533 orang di antaranya telah sembuh, 197 orang dalam pemantauan, dan 240 orang meninggal dunia.

(Antara/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK