LTMPT: Peserta SBMPTN Tak Perlu Serbu Pengumuman Pukul 15.00

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 13:15 WIB
Peserta SBMPTN 2021 diminta tidak membuka situs pengumuman seleksi secara bersamaan pada pukul 15.00 WIB untuk mencegah kepenuhan pada sistem. Sejumlah peserta mengikuti ujian SBMPTN berbasis Komputer di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (16/5). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) meminta peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 tidak menyerbu situs pengumuman seleksi secara bersamaan pada pukul 15.00 WIB. Hal itu untuk mencegah kepenuhan pada sistem.

"Jadi kita harap tidak crowded atau ada kemacetan dalam proses akses pengumuman, tidak perlu semuanya jam 15.00 bersama-sama. Meskipun kami sudah siapkan jalan atau bandwith yang besar," kata Ketua LTMPT Mohammad Nasih melalui konferensi video, Senin (14/6).

Nasih menjelaskan hasil SBMPTN sudah ditetapkan setiap perguruan tinggi melalui surat keputusan yang sudah ditandatangani masing-masing rektor.


Dengan begitu, ia menegaskan tidak akan ada perubahan hasil seleksi ketika peserta mengakses hasil seleksi tidak langsung di waktu pembukaan pengumuman.

"Karena mengakses sore hari ini jam 15.00 WIB hasilnya sama dengan akses jam 18.00, akan sama akses jam 21.00. Besok pagi juga hasilnya sama," katanya.

Nasih mengungkap tahun ini jumlah peserta yang mengikuti SBMPTN mencapai 732 ribu orang. Dimana kursi yang diperebutkan hanya 197.657. LTMPT melaporkan hanya 23,78 persen peserta yang berhasil lolos SBMPTN.

Namun, ia mengingatkan jumlah tersebut hanya yang lolos seleksi. Untuk memastikan peserta resmi menjadi mahasiswa PTN, kata dia, peserta harus mengikuti pendaftaran ulang dan memenuhi syarat lanjutan yang ditetapkan PTN.

Hasil SBMPTN bisa diakses peserta secara pribadi melalui situs https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau 29 situs mirror PTN lainnya. Pengumuman akan dibuka mulai pukul 15.00 WIB dengan cara memasukkan data pribadi peserta.

Jika diterima, maka peserta akan menerima pernyataan berbunyi, "Selamat! Anda dinyatakan lulus seleksi SBMPTN LTMPT 2021 di PTN: (yang dituju) Program Studi: (yang dituju)".

Namun jika tidak lolos, peserta akan menerima pernyataan berbunyi "Peserta atas nama (...) dengan nomor peserta (...) dinyatakan tidak lulus seleksi SBMPTN LTMPT 2021".

SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk PTN yang dilakukan dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (LTMPT). Jalur ini dapat menampung 40 persen dari kuota PTN Badan Layanan Umum dan 30 persen kuota PTN Badan Hukum.

(fey/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK