Sejarah Berdirinya PGRI, Kebangkitan Para Guru di Indonesia

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 19/06/2021 13:25 WIB
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) adalah organisasi profesi yang beranggotakan para guru. Berikut sejarah berdirinya PGRI. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) adalah organisasi profesi yang beranggotakan para guru. Berikut sejarah berdirinya PGRI.(Foto: ANTARA FOTO/Maulana Surya)
Jakarta, CNN Indonesia --

Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI adalah organisasi profesi yang beranggotakan para guru maupun tenaga pendidik di Indonesia. PGRI berdiri pada 25 November 1945 yang juga diperingati sebagai Hari Guru Nasional. 

Sejarah berdirinya PGRI berawal dari masa penjajahan Belanda. Pada 1912, berdiri organisasi perjuangan guru-guru pribumi bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Organisasi ini beranggotakan guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah. Mereka kebanyakan bekerja di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua.


Namun, sulit bagi PGHB untuk memperjuangkan nasib dan hak guru pada saat itu. Alhasil, muncul sejumlah organisasi baru seperti Persatuan Guru Bantu (PGB), Perserikatan Guru Desa (PGD), dan Persatuan Guru Ambachts School (PGAS).

Jumlah organisasi guru yang banyak dengan beragam latar belakang membuat para guru dari pribumi mulai bersatu memperjuangkan hak mereka dari Belanda. Perlahan, para kepala sekolah HIS (Hollandsch Inlandsche School) yang semula selalu dijabat orang Belanda, kini mulai diganti dengan orang Indonesia.

Kemudian pada 1932, PGHB diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) agar lebih mencerminkan semangat kebangsaan Indonesia.

Sejumlah guru dan Staf kementerian mengikuti upacara peringatan Hari Guru Nasional di Kemenbuddikdasmen, Jakarta, Selasa 25 November 2014. Peringatan Hari Guru yang jatuh pada Tanggal 25 November ini mengusung tema Sejarah berdirinya PGRI berawal pada masa kolonial Hindia Belanda. PGRI berdiri pada 25 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Guru Nasional. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)


Setelah Kemerdekaan Indonesia, para guru menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia pada 24-25 Agustus 1945 di Surakarta.

Hasil dari Kongres Guru Indonesia ini adalah menghapus organisasi guru yang membedakan tamatan, lingkungan pekerjaan, daerah, politik, agama dan suku. Selain itu, para anggota juga sepakat untuk membentuk Persatuan Guru Republik Indonesia.

Seratus hari setelah proklamasi, yakni pada 25 November 1945, Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI resmi berdiri.

Sifat PGRI

Guru sedang mengajar di SDN Gondangdia Pagi, Jakarta, Kamis, 11 Desember 2014. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.Sejarah berdirinya PGRI dimulai pada masa penjajahan Belanda. PGRI berdiri pada 25 November 1945 yang kini diperingati sebagai Hari Guru Nasional.(Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Organisasi PGRI berdiri dengan sifat-sifat yang mendasari, yakni:

  • Unitaristik yaitu tidak memandang perbedaan ijazah, tempat kerja, kedudukan, agama, suku, golongan, gender, dan asal usul.
  • Independen, berlandaskan pada kemandirian.
  • Nonpartisan, bukan merupakan afiliasi dari partai politik.

Sejarah berdirinya PGRI dinilai memiliki pengaruh besar terhadap kebangkitan para guru dan kemerdekaan Indonesia. Sebagai penghormatan, pemerintah mengapresiasi dengan menetapkan hari berdirinya PGRI pada 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tahun. Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

(avd/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK