Ganjar Buka Suara soal Saran Utut Nyapres dari Partai Lain

CNN Indonesia
Senin, 14 Jun 2021 19:56 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merespons ucapan Wakil Sekjen PDIP Utut Adianto yang menyebut dirinya bisa jadi capres bersama partai lain di 2024. Diusulkan PDIP maju jadi capres dengan partai lain, Ganjar Pranowo mengaku lebih ingin fokus selesaikan tugas sebagai Gubernur Jawa Tengah terlebih dahulu (CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo merespons ucapan Wakil Sekjen PDI Perjuangan, Utut Adianto yang mempersilakan dirinya maju dari partai lain jika memang ingin menjadi calon presiden (capres) di 2024 mendatang.

Ganjar mengaku tidak memikirkan hal lain dan ingin fokus menyelesaikan tugas sebagai gubernur.

"Tugas (Gubernur) belum selesai. Jangan mikir yang lain dulu," kata Ganjar kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Senin (14/6).


Ganjar mengatakan masih banyak tugas yang harus dia selesaikan sebagai Gubernur Jawa Tengah. Apalagi kasus covid-19 di wilayah itu pun terus meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

"Sikap saya? Selesaikan tugas sebagai Gubernur Jateng dan urus covid yang lagi naik karena adanya varian baru," jelas Ganjar.

Nama Ganjar memang terus muncul dalam berbagai lembaga survei dengan elektabilitas yang cukup menjanjikan. Teranyar hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan, Ganjar masih berpeluang menang tanpa dukungan dari pemilih PDIP.

Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad mengatakan survei tersebut ia keluarkan menyusul polemik di internal PDIP, terkait kemungkinan Ganjar berpeluang tak diusung partainya tersebut.

"Ganjar mendapat suara 35,3 persen, Prabowo 30,8 persen, dan Anies 25,5 persen," ujar Saidiman dalam paparannya, Minggu (13/6).

Menanggapi hal ini, Utut Adianto kemudian mempersilakan Ganjar maju dari partai lain. Menurut Utut, hal itu juga telah disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto akhir Mei lalu dan ia tak mau mengulang pernyataan tersebut.

"Kalau itu, dengar pendapat Mas Pacul 25 Mei, hari Selasa. Kalau mau maju dipersilakan dari partai lain. Sudah dijawab sama Mas Pacul. Enggak boleh ngulang lagi," kata Utut di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (14/6).

(tst/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER