UI soal Desain Poster Dicibir Netizen: Kami Membuatnya Serius

CNN Indonesia | Selasa, 15/06/2021 19:28 WIB
Kepala Kantor Humas dan KIP UI Amelita Lusia membenarkan bahwa desain poster yang dicibir netizen dibuat oleh pihak kampus. Ilustrasi. (Antara Foto/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta, CNN Indonesia --

Universitas Indonesia (UI) buka suara terkait desain poster yang dibuat kampus untuk menyambut mahasiswa baru jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 yang kemudian viral di media sosial karena menyerupai poster sinetron.

Kepala Kantor Humas dan KIP UI Amelita Lusia membenarkan bahwa desain tersebut dibuat oleh pihak kampus. Ia mengatakan poster tersebut merupakan strategi yang dirancang oleh pihaknya.

"Prosesnya jauh lebih panjang daripada konten yang biasanya. Bahwa untuk hal yang bagi sebagian orang disebut nggak serius ini, kami melakukannya serius," kata Amelita kepada CNNIndonesia.com, Selasa (15/6).


Amlita mengatakan tim media sosial UI sudah memprediksi poster itu akan banyak diperbincangkan masyarakat. Ia mengatakan setiap komposisi pada poster, termasuk desainnya yang menyerupai poster sinetron, sudah dipertimbangkan matang-matang.

"Hal tersebut sudah sesuai rencana, elemen-elemen grafis pada poster sudah kami pertimbangkan (background awan ala sinetron, komposisi mahasiswa)," lanjut Amelita.

Mengutip cuitan di akun Twitter resmi UI @univ_indonesia, poster sambutan kepada mahasiswa baru tersebut diunggah pada Senin (14/6) menyusul pengumuman hasil SBMPTN.

Poster tersebut memperlihatkan sejumlah mahasiswa dengan jaket almamater UI. Latar belakang poster memakai gambar langit yang disertai awan dan cahaya matahari. Kemudian disematkan tulisan berbunyi "Selamat Datang Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN 2021".

Poster tersebut lantas membuat banyak warga internet heboh. Beberapa di antara mereka banyak yang mencibir poster tersebut karena identik dengan poster sinetron pada umumnya.

(fey/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK