Cara Cetak Sertifikat UTBK SBMPTN 2021

CNN Indonesia | Kamis, 17/06/2021 12:07 WIB
Pengumuman hasil SBMPTN 2021 sudah dipublikasikan sejak Senin (14/6). Peserta yang lulus ujian bisa mengunduh dan mencetak sertifikat SBMPTN 2021. Pengumuman hasil SBMPTN 2021 sudah dipublikasikan sejak Senin (14/6). Peserta yang lulus ujian bisa mengunduh dan mencetak sertifikat SBMPTN 2021. (Istockphoto/LuminaStock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka akses unduh sertifikat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Sertifikat ini dapat digunakan peserta UTBK yang tidak lolos SBMPTN untuk mengikuti jalur mandiri. Sejumlah PTN mengizinkan peserta menggunakan nilai UTBK untuk jalur mandiri sehingga tidak perlu melakukan seleksi ulang.

Hasil SBMPTN 2021 sendiri sudah diumumkan sejak Senin (14/6). Namun sertifikat UTBK baru bisa diunduh per Selasa (15/6) malam. Ketua Pelaksanaa Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan hal ini karena pihaknya butuh waktu untuk memproses sertifikat peserta.


"(Sekarang) Sertifikat UTBK sudah bisa diunduh," kata Budi kepada CNNIndonesia.com.

Untuk mengunduh sertifikat UTBK, peserta dapat mengikuti tahapan yang hampir serupa dengan cara akses pengumuman hasil SBMPTN. Berikut cara mengunduh sertifikat UTBK-SBMPTN 2021:

  1. Kunjungi situs https://pengumuman-sbmptn.ac.id
  2. Masukkan data pribadi peserta yang digunakan pada pendaftaran SBMPTN
  3. Pilih opsi cetak sertifikat UTBK pada lama

Untuk diketahui, UTBK merupakan tes yang dilakukan dalam SBMPTN. SBMPTN sendiri adalah salah satu jalur masuk PTN yang ditetapkan pemerintah selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan seleksi mandiri.

(fey/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK