Konflik Laut China Selatan, Prabowo Yakin China-AS Bijaksana

CNN Indonesia | Jumat, 18/06/2021 05:45 WIB
Menhan Prabowo Subianto yakin pemimpin Amerika Serikat dan China bisa menempuh dialog damai menyelesaikan masalah di Laut China Selatan. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yakin Amerika Serikat dan China bijaksana dan bisa menempuh jalur damai menyelesaikan konflik di Laut China Selatan (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto optimis masalah di Laut China Selatan bisa diselesaikan dengan damai oleh sejumlah negara, terutama China dan Amerika Serikat.

Prabowo menyampaikan itu di hadapan sejumlah Menteri Pertahanan dari berbagai negara, termasuk Menteri Pertahanan China dan Amerika Serikat.

"Kami yakin bahwa China dipimpin oleh para pemimpin bijaksana. Amerika Serikat juga sebagai negarawan yang bijaksana," kata Prabowo dalam rekaman video yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (17/6).


Prabowo lalu meminta agar semua pihak yang saat ini tengah berkonflik di Laut China Selatan bisa menahan diri dan tak menyulut pertikaian satu sama lain. Dengan demikian, permasalahan di Laut China Selatan bisa diselesaikan dengan damai.

"Kami yakin bahwa semua masalah ini dapat dan akan diselesaikan melalui dialog damai," kata Prabowo.

Prabowo yakin negara-negara besar yang selama ini unjuk kekuatan di Laut China Selatan bisa menghindari konflik. Dia optimis para pemimpin negara terkait mau menyelesaikan dengan langkah dialog ketimbang kekuatan militer.

"Kami optimis bahwa para pemimpin negara-negara kuat saat ini akan mengedepankan peran kepemimpinan yang telah ditakdirkan berada di pundak mereka, perdamaian dan kemakmuran dunia," kata dia.

(tst/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK