Sidang Vonis, Simpatisan Rizieq Dari Daerah Menuju Jakarta

CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 04:17 WIB
Simpatisan Rizieq Shihab dikabarkan mulai bergerak menuju Jakarta untuk menghadiri sidang vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Simpatisan Rizieq Shihab akan mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Timur saat sidang vonis kasus penyebaran berita bohong hasil tes swab RS Ummi Bogor dihelat pada 24 Juni (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Simpatisan Rizieq Shihab dari sejumlah daerah mulai bergerak ke Jakarta untuk menghadiri sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Rizieq akan menjalani sidang vonis terkait kasus penyebaran berita bohong hasil tes swab RS Ummi Bogor pada Kamis (24/6).

Video simpatisan Rizieq datang dari luar daerah beredar di grup-grup WhatsApp. Salah satunya simpatisan yang mengaku dari Malang dan Pasuruan, Jawa Timur yang menuju tengah dalam perjalanan menuju Jakarta.

"Kami memenuhi undangan JPU yang mengatakan bahwa imam besar kita Al Habib Muhammad Rizieq Shihab dikatakan isapan jempol. Laskar Jawa Timur siap jihad membela agama Allah, membela Rasulullah," ujar salah seorang pemuda dalam video.


Dalam persidangan pembacaan replik beberapa waktu lalu, Jaksa Penuntut Umum sempat menilai status imam besar yang melekat pada Rizieq hanya sekadar isapan jempol semata.

Di video lainnya, terlihat sejumlah rombongan yang mengaku akan berangkat dari wilayah Jawa Barat. Mereka mengklaim ada ratusan mobil yang akan mendatangi PN Jakarta Timur.

"Pemberangkatan 250 mobil," ujar seseorang dalam video.

Selain video, ajakan untuk hadir dalam sidang vonis juga beredar di grup-grup WhatsApp. Undangan yang beredar bertuliskan ajakan kepada para mujahid, alumni 212, masyarakat Indonesia untuk mendatangi PN Jakarta Timur dan meminta Rizieq dibebaskan.

Undangan lainnya, meminta massa untuk tidak bubar jika sidang belum selesai pada sore hari

"Kalau sampai jam 5 sore sidang belum selesai, dan polisi mau membubarkan kita, jangan mau. Salahkan JPU yang mengundang. Ingat JPU yang mengundang kita hadir Kamis Tanggal 246. Sekali bergerak pantang mundur," mengutip pesan berantai yang beredar.

Terpisah, Ketua Umum PA 212, Slamet Maarif mengaku tidak tahu jika ada massa yang sudah berangkat untuk menghadiri sidang Rizieq.

Jika melihat dari media sosial, menurutnya memang akan ada massa yang hadir.

"Dari media sosial sih kelihatannya ada," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Rabu (23/6) malam.

(yoa/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK