Daftar 20 Wilayah Zona Merah Indonesia, Terbanyak di Jateng

CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 06:51 WIB
Data terakhir per 20 Juni yang dirilis Satgas Covid-19 pada 24 Juni, mencatat terdapat total 20 kabupaten/kota yang masuk zona merah, didominasi Pulau Jawa. Data terakhir per 20 Juni yang dirilis Satgas Covid-19 pada 24 Juni, mencatat terdapat total 20 kabupaten/kota yang masuk zona merah, didominasi Pulau Jawa. Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Jakarta, CNN Indonesia --

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memperbarui data sebaran zona merah atau wilayah dengan risiko penularan tinggi virus corona di Indonesia. Data terakhir per 20 Juni yang dirilis pada 24 Juni, mencatat terdapat total 20 kabupaten/kota yang masuk zona merah.

Jumlah daerah yang masuk zona merah pada pekan ini berkurang dibandingkan data pekan lalu yang hanya mencatat 29 wilayah yang dikategorikan zona merah. Zona merah pekan ini didominasi Pulau Jawa, dan Jawa Tengah menjadi penyumbang terbanyak.

Adapun peta zonasi risiko daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan. Indikator yang digunakan adalah indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.


Zona merah merupakan daerah berisiko tinggi, zona oranye risiko sedang, zona kuning risiko rendah, dan zona hijau bagi daerah yang tidak ada kasus atau tidak terdampak.

Berikut adalah rincian kabupaten/kota yang masuk zona merah dalam sepekan terakhir:

Jawa Tengah

Kabupaten Wonogiri
Kabupaten Kudus
Kabupaten Pati
Kabupaten Kendal
Kabupaten Tegal
Kabupaten Semarang
Kabupaten Jepara

DKI Jakarta

Kota Administrasi Jakarta Selatan
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Kota Administrasi Jakarta Barat
Kota Administrasi Jakarta Timur

Jawa Timur

Kabupaten Ponorogo
Kabupaten Ngawi
Kabupaten Bangkalan

Daerah Istimewa Yogyakarta

Kabupaten Sleman
Kabupaten Bantul
Kabupaten Gunungkidul

Sumatera Selatan

Kota Palembang

Sumatera Barat

Kota Bukittinggi

Kepulauan Riau

Kabupaten Bintan

(khr/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK