Lebih dari 558 Ribu Orang di Arab Saudi Daftar Haji Tahun Ini

CNN Indonesia | Jumat, 25/06/2021 13:37 WIB
Konsul Haji di KJRI Jeddah mengatakan dari lebih 558.270 pendaftar ibadah haji di Arab Saudi akan disaring pemerintah kerajaan tersebut jadi hanya 60 ribu. Foto aerial Masjidil Haram, tempat Ka'bah yang menjadi kiblat umat Islam sedunia, Mekkah, Arab Saudi. (AP/Amr Nabil)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lebih dari 558 ribu orang di Arab Saudi mendaftar ibadah haji tahun ini. Kebanyakan dari mereka merupakan warga Saudi maupun ekspatriat yang tinggal di sana.

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan, masa pendaftaran haji terbatas yang dibuka sejak 13 Juni juga sudah ditutup pada 23 Juni lalu.

"Dari data yang dirilis Saudi, total ada 558.270 orang yang mendaftar sebagai jemaah haji tahun ini," kata Endang dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/6).


Endang menjelaskan, dari jumlah tersebut, sebanyak 59 persen laki-laki, dan 41 persen perempuan. Menurut Endang, nantinya pihak Saudi akan menyeleksi calon jemaah haji untuk memilih 60 ribu jemaah sesuai kuota.

Proses seleksi berdasarkan sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan, yakni usia 18-65 tahun, belum pernah berhaji selama lima tahun terakhir, sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19, dan membayar registrasi.

"Calon jemaah yang terpilih hanya diberi waktu tiga jam untuk menyelesaikan pembayaran," ujar Endang.

"Mereka yang tidak melakukan pembayaran, dianggap gugur atau mengundurkan diri," imbuhnya.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memutuskan menggelar ibadah haji 2021 secara terbatas bagi jemaah domestik, yakni penduduk lokal dan para ekspatriat yang telah berada di negara tersebut.

Kuota haji terbatas tersebut diberlakukan karena pandemi Covid-19 global yang belum mereda, bahkan menunjukkan perburukan di beberapa negara karena munculnya varian-varian baru. Kuota yang diberikan untuk menunaikan ibadah haji 1442 hijriah ini pun dibatasi hanya bagi 60 ribu jemaah domestik.

(dmi/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK