Polisi soal Viral Pesan Sanksi Berkendara Malam di DKI: Hoaks

CNN Indonesia | Selasa, 29/06/2021 12:58 WIB
Polisi menyatakan pesan berantai di grup WhatsApp tentang sanksi berkendara malam hari di DKI Jakarta adalah info bohong atau hoaks. Sejumlah petugas gabungan melakukan penutupan Jalan Kemang Raya dan Blok M, Jakarta Selatan, Senin (21/6). (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Metro Jaya memastikan pesan singkat yang beredar di grup WhatsApp tentang sanksi jika berkendara malam hari di zona merah Jakarta adalah tidak benar atau hoaks.

"Enggak ada," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Selasa (28/6).

Akun Instagram Polda Metro Jaya yakni @poldametrojaya, juga membuat unggahan yang menegaskan bahwa informasi yang beredar itu adalah hoaks.


"Faktanya Polda Metro Jaya tidak pernah melakukan sanksi semua zona merah sebagaimana yang diberitakan di pesan tersebut," demikian tertulis dalam unggahan tersebut.

Dalam pesan yang beredar disebutkan bahwa akan ada sanksi bagi masyarakat yang kedapatan berkendara di atas pukul 21.00 WIB.

Masih dalam pesan tersebut, turut disampaikan ada 48 wilayah yang akan dijaga ketat oleh aparat kepolisian, Satpol PP hingga TNI.

"Semua zona merah akan dilakukan razia tempat yang akan di jaga ketat. Jika ditemukan masih ada yang membawa motor akan langsung dikenakan sanksi," begitu bunyi pesan yang beredar.

[Gambas:Instagram]

Polda Metro Jaya telah menambah titik pembatasan mobilitas selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Diketahui, titik penyekatan ini bertambah dari semula yang berjumlah 10 ruas jalan. Penambahan ini merupakan hasil evaluasi setelah sepekan penerapan pembatasan mobilitas.

"Kami lanjutkan bahkan titiknya akan kami tambah. Total seluruhnya ada 35 titik," kata Sambodo kepada wartawan, Senin (28/6).

Titik penyekatan itu tak hanya terletak di wilayah Jakarta, tetapi juga di daerah penyangga. Seperti Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, dan Kota Tangerang.

Dari 35 titik itu, 21 lokasi yang memberlakukan pembatasan dan 14 titik lainnya akan dilakukan pengendalian mobilitas.

(ugo/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK