Megawati Heran soal Gelar Profesor: Saya Pikir Apa Hasil Saya

CNN Indonesia
Rabu, 30 Jun 2021 10:07 WIB
Megawati mengatakan bahwa gelar profesor dari Unhan yang ia terima itu merupakan hasil penilaian orang lain. Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengaku kaget saat mengetahui akan dianugerahi gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan) beberapa waktu lalu.

Ia mengaku bingung dengan karya yang telah dihasilkannya sehingga harus menerima gelar profesor kehormatan.

"Dulu waktu saya [dapat] gelar profesor belum lama, saya pikir apa ya hasil saya?" kata Megawati saat memberikan sambutan dalam acara Sarasehan Nasional dengan tema Indonesia Muda Membaca Bung Karno yang digelar Megawati Institute secara daring, Selasa (29/6).


Namun, Megawati menyadari bahwa gelar yang ia terima itu merupakan hasil penilaian orang lain. Menurutnya, gelar itu merupakan bukti bahwa ia dinilai berhasil selama memimpin PDIP.

Dalam kesempatan itu Megawati mengenang ketika PDIP diremehkan dan disebut sebagai partai sandal jepit. Megawati mengaku justru bangga ketika PDIP disebut sebagai partai sandal jepit.

"Saya diberi profesor dari yang namanya kepemimpinan strategic, apa yang saya pimpin berhasil, mungkin partai dari yang disebut partai rakyat, partai sandal jepit," kata Megawati.

Berangkat dari itu, Megawati mengajak anak muda untuk membuka diri.

"Saya katakan kepada mereka saya sebagai ketua umum bangga, partai saya hanya partai rakyat yang sandalnya sandal jepit. Ini yang harus kalian sadari untuk membuka diri," kata Megawati.

Megawati menerima gelar profesor kehormatan dengan status Guru Besar Tidak Tetap oleh Unhan pada Jumat (11/6). Sebelumnya, Megawati pertama kali menerima gelar doktor kehormatan atau honoris causa dalam bidang hukum dari Waseda University Tokyo, Jepang pada 29 Agustus 2001. Kemudian ia menerima gelar doktor honoris causa dalam bidang politik dari Moscow State Institute of International Relations, Rusia pada 22 April 2003.

Megawati juga pernah menerima doktor honoris causa dalam bidang politik dari Korea Maritime and Ocean University, Busan, Korea Selatan pada 19 Oktober 2015.

Gelar kehormatan lainnya yang diterima Megawati antara lain doktor honoris causa bidang politik dan pemerintahan dari Universitas Padjadjaran, doktor honoris causa bidang ekonomi demokrasi dari Mokpo National University, Korea Selatan, kemudian doktor honoris causa dalam bidang politik pendidikan dari Universitas Negeri Padang.

Presiden ke-5 RI itu juga diberi gelar doktor honoris causa dalam bidang poltik pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), serta doktor honoris causa dalam bidang diplomasi ekonomi dari Fujian Normal University di China.

(mts/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER