Jokowi Gemetar Lihat BOR Wisma Atlet Terisi 92 Persen

CNN Indonesia | Rabu, 30/06/2021 15:21 WIB
Presiden Jokowi selalu mengecek keterisian RS Wisma Atlet Kemayoran setiap hari. Ketika mencapai 92 persen, dia mengaku gemetar. Presiden Jokowi mengaku gemetar saat tahu tingkat keterisian Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran tembus 92 persen (Biro Pers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo mengaku gemetar dan grogi saat mengetahui keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta, mencapai 92 persen.

Jokowi mengaku selalu mengecek BOR di Wisma Atlet setiap hari. Ia menjadikan kondisi Wisma Atlet sebagai salah satu cerminan kondisi rumah sakit di Indonesia.

"Pernah September itu 92 persen. Saya betul-betul sudah gemetar dan grogi betul, tapi turun, turun, turun. Bahkan, di pertengahan bulan Mei, 18 Mei, mencapai 15 persen," ungkap Jokowi saat berpidato di Munas Kadin di Kendari, disiarkan langsung kanal Youtube Kadin Indonesia, Rabu (30/6).


Jokowi mengaku senang saat BOR di Wisma Atlet menurun, namun kondisi itu tak berlangsung lama.

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut saat ini BOR di Wisma Atlet sudah menyentuh angka 90 persen. Di saat yang sama, BOR secara nasional menembus angka 72 persen.

"Begitu ada liburan, hari ini saya harus ngomong apa adanya, 90 persen. Inilah angka-angka yang harus saya sampaikan apa adanya," ucap Jokowi.

Ia juga menyoroti jumlah kasus Covid-19 terus bertambah secara eksponensial. Jokowi menyebut jumlah kasus aktif telah naik lebih dari dua kali lipat.

Menurutnya, pemerintah akan menggencarkan vaksinasi untuk merespons kondisi saat ini. Selain itu, pemerintah berencana menerapkan PPKM Darurat.

"Nanti keputusannya apakah seminggu atau dua minggu karena petanya sudah kita ketahui semuanya, khusus hanya di Pulau Jawa dan Pulau Bali karena ada 44 kabupaten serta kota dan 6 provinsi yang nilai asesmennya 4," ungkap Jokowi.

(dhf/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK