Wali Kota: Surabaya dalam Keadaan Genting Lawan Covid-19

CNN Indonesia
Kamis, 01 Jul 2021 07:14 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan wilayahnya dalam keadaan genting melawan Covid-19. Pemkot akan menjaring relawan untuk menghadapi Covid-19. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Armudji (Dok. Istimewa)
Surabaya, CNN Indonesia --

Pemerintah Kota Surabaya mengumumkan wilayahnya dalam keadaan genting melawan Covid-19. Pemkot akan menjaring relawan untuk bersama-sama melakukan penanganan Covid-19 di Kota Pahlawan. Hal ini dilakukan sebagai upaya menekan angka kasus corona yang terus melonjak.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi penjaringan relawan bertajuk 'Surabaya Memanggil' ini dilakukan, sebab situasi Covid-19 di Surabaya sudah genting karena keterisian sejumlah rumah sakit mulai overload.

"Hari ini saya sampaikan dan umumkan bahwa Surabaya sudah dalam keadaan genting melawan Covid-19. Kalau kita melihat BOR di rumah sakit, sudah hampir ter-okupansi 100 persen," kata Eri di Balai Kota Surabaya, Rabu (30/6).


Bahkan, kata dia, ada salah satu rumah sakit di Surabaya yang tidak bisa lagi menerima pasien, lantaran para tenaga kesehatannya positif terpapar Covid-19.

"Selain itu mereka juga tidak bisa lagi mencukupi tempat tidur dan ICU-nya. Karena itu kita harus memutus benar-benar mata rantai penularan Covid-19," ujarnya.

Warga yang ingin menjadi relawan, haruslah menjalani tes swab terlebih dahulu, kemudian jika hasilnya negatif maka calon relawan akan diberikan vaksinasi dan barulah resmi menjadi anggota relawan.

"Untuk daftarnya, kami akan buka di internet, jadi nama-nama juga sudah masuk dan terbuka bagi kawan-kawan yang ingin mendaftar," ucapnya.

Nantinya para relawan nanti turun ke lapangan, ke kampung-kampung untuk mengawasi dan menegakkan protokol kesehatan serta jam malam.

Eri meminta kepada seluruh lapisan masyarakat di Surabaya agar terketuk pintu hatinya dan bergabung dengan relawan dengan ikhlas. Sebab Kota Pahlawan kini membutuhkan pertolongan warganya.

"Karena itu ketika Surabaya Memanggil, kami berharap seluruh warga Surabaya yang terketuk pintu hatinya untuk bergandengan tangan bersama melawan pandemi ini," ujar Eri.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Surabaya, kasus kumulatif positif Covid-19 di Kota Pahlawan per 30 Juni 2021 mencapai 25.397 orang. 23.381 di antaranya kasus dinyatakan sembuh dan 617 kasus aktif atau dalam perawatan.

(frd/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER