RS Katolik RKZ Surabaya Tutup Sementara IGD Imbas Covid

CNN Indonesia
Sabtu, 03 Jul 2021 09:09 WIB
Rumah Sakit Katolik St. Vicentius A Paulo RKZ, Surabaya, menutup sementara layanan IGD. Ilustrasi. (Foto: REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rumah Sakit Katolik St. Vicentius A Paulo RKZ, Surabaya, menutup sementara layanan IGD-nya untuk pasien Covid-19. Hal itu terpaksa dilakukan imbas dari menumpuknya pasien corona.

Kepala Bidang Hospital Development and Relation RKZ Surabaya, dr Agung K Saputra mengatakan penutupan sudah dilakukan sejak Jumat (2/7).

"Selain pasien Covid-19 masih tetap menerima. Kalau pasien Covid sudah tidak bisa terima lagi," kata dr Agung, Sabtu (3/7).


Kapasitas IGD untuk pelayanan Covid-19 telah melebihi kapasitas yang ada. Hingga saat ini, sudah ada 12 pasien yang telah masuk IGD.

"Pasien tersebut juga belum bisa masuk ke ruang Isolasi. Sementara ada antrian pasien yang masih di luar. Belum bisa ditangani kalau yang di dalam belum kosong," ucapnya.

Pemberitahuan penutupan IGD sendiri telah diumumkan melalui akun resmi media sosialnya di Instagram. Disebut penutupan lantaran fasilitas sudah tidak memungkinkan menampung pasien Covid-19 lagi.

RKZ juga mengumumkan bahwa instalasi rawat jalan/poliklinik dan rehabilitasi medis RKZ Surabaya juga tutup. Kemudian akan kembali membuka pelayanan pada, Senin (5/7) mendatang.

Agung memastikan saat kondisi sudah mulai membaik nanti, maka RKZ akan membuka layanan seperti biasa. Hal itu juga bakal diumumkan sembari melihat kondisi yang ada.

"Tidak bisa dipastikan. Seperti fasilitas pelayan kesehatan yang lain," ucapnya

(frd/asa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER