Ganip Tinjau Lokasi Karantina Pelaku Perjalanan Internasional

Satgas Covid-19, CNN Indonesia | Minggu, 04/07/2021 21:21 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito melakukan inspeksi mendadak ke fasilitas karantina para pelaku perjalanan internasional pada Minggu (4/7). Ilustrasi Wisma Pademangan, Jakarta Pusat. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito melakukan inspeksi mendadak ke fasilitas karantina para pelaku perjalanan internasional pada Minggu (4/7). (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito melakukan inspeksi mendadak ke fasilitas karantina para pelaku perjalanan internasional pada Minggu (4/7).

Ganip bertolak dari Kantor Badan Nasional Penanganan Bencana menuju Wisma Atlet Pademangan, kemudian menuju Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dan mengunjungi pos vaksinasi Covid-19, sebelum berpindah ke salah satu hotel karantina di Tangerang, Banten. Inspeksi ini dilaksanakan seiring rencana perpanjangan kewajiban karantina yang sebelumnya 5 hari menjadi 8 hari.

"Tujuan sidak ini untuk memastikan kesiapan karantina bagi pekerja migran Indonesia maupun pelaku perjalanan internasional lainnya. Saya juga mengecek kesiapan Satgas dalam hal personel, sarana dan prasarana dalam rangka pemberlakukan ketentuan baru," tutur Ganip dalam keterangan tertulis.


Di Wisma Pademangan, Jakarta Pusat, Ganip menyaksikan proses penerimaan pekerja migran Indonesia (PMI) yang baru mendarat, melakukan pendaftaran, pengecekan kesehatan mencakup tes RT-PCR, hingga proses vaksinasi bagi mereka yang dinyatakan negatif Covid-19. Vaksinasi sendiri menjadi kewajiban tambahan bagi pelaku PMI yang baru tiba.

Menyaksikan kesiapan fasilitas karantina dan isolasi, Ganip berharap fasilitas tersebut dapat mengantisipasi kedatangan para PMI maupun pelaku perjalanan internasional dalam periode Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Saya tadi juga memastikan ketersediaan hotel karantina berbayar bagi pelaku perjalanan internasional lain asil kerja sama dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia," tuturnya.

Ditambahkan, Wisma Pademangan akan kembali difungsikan sepenuhnya untuk karantina dan isolasi bagi PMI. Sebelumnya, Wisma Pademangan dijadikan tempat isolasi bagi pasien Covid-19 tanpa gejala. Tower 8 akan difungsikan sebagai tempat isolasi dengan kapasitas 1.132 tempat tidur.

Bagi pelaku perjalanan yang dinyatakan negatif Covid-19 pada tes RT-PCR, disediakan tempat karantina di Tower 9 dan 10. Sementara, pasien tanpa gejala dan bukan pelaku perjalanan internasinal direncanakan untuk dipindahkan ke Rusun Pasar Rumput, Jakarta Pusat.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Pademangan per Minggu (4/7), ada 3.594 PMI yang tengah menjalani karantina, berkurang dua orang dari hari sebelumnya, dengan rincian 1.507 laki-laki dan 2.087 perempuan. Saat ini, mereka menempati Tower 9 dan 10 Wisma Atlet Pademangan.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK