Pemerintah Minta Kantor Desa Pajang Nama Penerima Bansos PPKM

CNN Indonesia
Selasa, 06 Jul 2021 13:22 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan pengumuman penerima bansos perlu dilakukan demi menghindari terjadinya penyelewengan bansos. Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan pengumuman penerima bansos perlu dilakukan demi menghindari terjadinya penyelewengan bansos. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam penyaluran bantuan sosial saat pemberlakuan PPKM Darurat.

Partisipasi itu kata Muhadjir bisa dilakukan dengan mengontrol penyaluran bansos yang telah diterima oleh warganya. Kontrol ini bisa dilakukan salah satunya dengan memampang nama-nama orang yang sudah menerima Bansos di kantor desa.

"Sebaiknya masing-masing desa pasang pengumuman siapa yang telah terima (Bansos) di gardu-gardu kantor balai desa biar semua orang lihat," kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Selasa (6/7).


Mantan menteri pendidikan itu mengatakan, pengumuman penerima bansos itu dilakukan demi menghindari terjadinya penyelewengan bansos. Misal penerima tak tepat sasaran sehingga semua orang tahu siapa saja yang menerima dan tidak menerima.

"Kalau nanti ada Kepala Desa atau Pamong yang nyeleweng biar ketahuan," kata dia.

Kata Muhadjir, kontrol terkait bansos ini memang yang terbaik adalah kontrol sosial yang dilakukan masyarakat. Jika cara ini bisa diterapkan dia yakin penyaluran bansos di masa PPKM Darurat ini bisa terlaksana dengan baik.

"Insya Allah pembagian distribusi dalam rangka mengatasi PPKM Darurat dari aspek perlindungan terhadap mereka yang paling tidak beruntung itu bisa berjalan dengan baik," kata dia.

(tst/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER