Banjir Jeneponto, Puluhan Rumah Terendam di Empat Kecamatan

CNN Indonesia
Kamis, 08 Jul 2021 13:16 WIB
Ilustrasi banjir. (Istockphoto/ Jaykayl)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, selama hampir 24 jam, sejak Rabu (7/7) mengakibatkan puluhan rumah warga yang berada di empat kecamatan terendam banjir. Belasan rumah dilaporkan rusak.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jeneponto, Syam Jaya menyebut banjir terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Jeneponto terjadi di empat kecamatan, di antaranya, Kecamatan Tarowang, Kecamatan Batang, Kecamatan Binamu dan Kecamatan Arungkeke.

"Kecamatan Tarowang ini cukup parah, ada 13 rumah warga yang rusak parah dan 5 kantor seperti puskesmas, sekolah dan UPTD teredam banjir. Kalau jumlah keseluruhan warga masih kita data," kata Syam Jaya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (8/7).

Selain itu, lanjut Jaya di Kecamatan Binamu ada 26 rumah terendam banjir dan Kecamatan Batang terdapat 2 rumah warga yang mengalami rusak parah serta 8 rumah lainnya hanya rusak ringan.

"Untuk Kecamatan Binamu, ada dua kelurahan yang terendam banjir, yakni Kelurahan Balangtoa itu ada 26 rumah teredam dan di Kelurahan 15 rumah juga terendam banjir. Sedangkan Kecamatan Arungkeke ada lima rumah saja," jelasnya.

Saat ini, kata Jaya tengah mengupayakan untuk melakukan pendataan jumlah warga yang terkena dampak banjir, setelah hujan deras mengguyur Kabupaten Jeneponto.

"Kita masih lakukan pendataan dan akan segera menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir. Warga juga sebagian telah mengungsi ke tempat yang lebih aman," kata Jaya.

(mir/ain)


KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
TERPOPULER
LAINNYA DARI DETIKNETWORK