Prabowo soal Bernegara: Tak Ada Kawan dan Lawan Abadi

CNN Indonesia | Sabtu, 10/07/2021 03:40 WIB
Menhan Prabowo menyebut negara-negara yang bersahabat dengan Indonesia juga memliki kepentingan, termasuk mencari keuntungan untuk negaranya. Menhan Prabowo Subianto mengatakan dalam hubungan bernegara tak ada kawan dan lawan abadi, yang ada hanya kepentingan abadi. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan dalam hubungan bernegara tak ada kawan maupun lawan abadi. Prabowo menyebut semua hanya soal kepentingan.

"Tidak ada kawan abadi dan lawan abadi, yang ada hanya kepentingan abadi," kata Prabowo saat menjadi pembicara kunci dalam webinar Pertahanan yang digelar Universitas Padjadjaran, Jumat (9/7).

Prabowo menyebut persaingan antarbangsa juga tak bicara soal suka atau tidak suka, melainkan kepentingan semata.


"Dalam persaingan antarbangsa tidak ada like and dislike, tidak ada kawan abadi dan lawan abadi yang ada hanya kepentingan abadi," katanya.

Ketua Umum Gerindra itu menyebut setiap negara pasti mendahului kepentingan negaranya. Oleh sebab itu wajar jika satu negara dengan negara lain tampak bermusuhan tetapi bekerja sama dalam bidang lainnya.

Ia mengatakan negara-negara yang bersahabat dengan Indonesia juga tak terlepas untuk mendapat keuntungan. Menurutnya, sebuah negara akan memikirkan keuntungan dari setiap hal yang mereka lakukan.

"Kalau bersahabat dengan kita, dia bersahabat karena memang dia harus bersahabat atau perlu, tapi kalau bisa dia menarik keuntungan dari kerusakan kita," katanya.

"Kalau dia bisa menarik keuntungan dari penderitaan, kalau dia bisa mengambil kekayaan kita, dia akan ambil. Jadi kita tidak boleh naif," ujar Prabowo.

(tst/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK