Pemerintah Larang Takbir Keliling di Zona PPKM Darurat

CNN Indonesia
Sabtu, 10 Jul 2021 22:03 WIB
Pemerintah resmi melarang kegiatan takbir keliling selama perayaan hari raya Iduladha 1442 Hijriah di wilayah yang masuk zona PPKM Darurat. Ilustrasi takbir keliling. (CNN Indonesia/Miftah Farid Rahman).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah resmi melarang kegiatan takbir keliling selama perayaan hari raya Iduladha 1442 Hijriah di wilayah yang masuk zona Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Larangan takbir keliling bersamaan dengan larangan pelaksanaan Salat Iduladha berjamaah atau di tempat ibadah. Ketentuan itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 soal ketentuan ibadah Iduladha dan kurban selama PPKM hingga 20 Juli.

"Jadi kami minta supaya takbiran dan salat Iduladha di wilayah PPKM Darurat dilakukan di rumah masing-masing," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam jumpa pers daring, Jumat (10/7) malam.

Pemerintah diketahui tengah memberlakukan PPKM Darurat di 45 kabupaten kota di Pulau Jawa dan Bali merespons lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Lebaran pertengahan Mei lalu.

Belakangan, PPKM Darurat resmi diperluas mulai Senin (12/7) mendatang ke 15 kabupaten kota lain di luar Jawa, seperti di Kota Medan, Padang, Batam, Pontianak, Balikpapan, hingga Sorong dan Manokwari.

Yaqut mengatakan, larangan takbir keliling dan salat Iduladha berjamaah mutlak perlu dilakukan guna menekan laju penambahan kasus covid-19. Menurut dia, penanganan pandemi covid-19 sepatutnya harus melibatkan kerja sama antar lapisan masyarakat, alih-alih hanya melalui kebijakan pemerintah.

"Kita tahu, bahwa pandemi covid-19 ini benar-benar kita harus atasi secara bersama dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat antara pemerintah dan pemeluk agama," kata dia.

Lebih lanjut, Yaqut juga meminta agar pemotongan hewan kurban hanya dilakukan di rumah pemotongan hewan, guna mencegah potensi kerumunan. Ia juga mengimbau agar daging hewan kurban dapat langsung dibagikan kepada masyarakat oleh panitia pelaksana pemotongan.

Ia melarang warga berkumpul atau mendatangi lokasi pemotongan untuk menerima pembagian daging.

"Seringkali panitia kurban mengundang warga untuk datang membagi kupon sehingga menimbulkan Kerumunan. Untuk kurban tahun ini kami harapkan dengan sangat, pembagian daging kurban disampaikan langsung ke warga yang berhak," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(thr/age)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER