3 Juta Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia

CNN Indonesia
Minggu, 11 Jul 2021 13:13 WIB
Menlu Retno Marsudi mengatakan 3 juta dosis vaksin Moderna diperoleh Indonesia hasil kerja sama multilateral dengan Amerika Serikat. Ilustrasi kedatangan vaksin virus corona di bandara (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan 3,06 juta dosis vaksin dari Perusahaan Amerika Serikat (AS) Moderna tiba di Indonesia pada hari ini, Minggu (11/7). Moderna menambah daftar vaksin virus corona (Covid-19) yang dimiliki Indonesia.

"Alhamdulillah Indonesia menerima 3,06 juta dosis vaksin Moderna. Ini berkat hubungan kerja sama internasional pemerintah AS melalui jalur multilateral," ungkap Retno, Minggu (11/7).

Retno menjelaskan ini merupakan vaksin pertama dari Moderna yang tiba di Indonesia. Nantinya, jumlah vaksin Moderna yang akan dikirim ke Indonesia akan terus bertambah.


"Sesuai komunikasi kami dengan rekan kolega di AS, AS berkomitmen memberikan dosis sharing vaksin ke Indonesia 4,5 juta dosis," ungkap Retno.

Ia mengatakan BPOM telah menerbitkan izin penggunaan darurat alias emergency use of authorization (UEA) vaksin covid-19 Moderna pada 2 Juli 2021 lalu.

Kedatangan vaksin Moderna ini menambah pasokan di Indonesia. Saat ini, total stok vaksin covid-19 di dalam negeri mencapai lebih dari 122 juta dosis.

"Baik curah dan vaksin jadi," imbuh Retno.

Rinciannya, vaksin dari Sinovac sebanyak 108 juta dosis, AstraZeneca 8,2 juta dosis, Sinopharm 2 juta dosis, dan Moderna 3,06 juta.

Menurut Retno, pemerintah Indonesia mendapatkan banyak tawaran vaksin dari negara sahabat. Beberapa di antaranya, Belanda, Inggris, dan Uni Emirat Arab (UEA).

"Pemerintah akan terus bekerja keras untuk memastikan ketersediaan vaksin," jelas Retno.

Ia menambahkan Indonesia juga mendapat bantuan untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan di Indonesia, seperti ventilator, oksigen, dan obat-obatan. Bantuan itu datang dari Singapura dan Australia.

"Hari ini dukungan dari Singapura lewat jalur laut dan akan tiba di Tanjung Priok pada 14 Juli 2021 mendatang," pungkas Retno.

(aud/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER