Peninggalan Kerajaan yang Bersejarah di Indonesia

tim, CNN Indonesia | Selasa, 13/07/2021 13:10 WIB
Masa kejayaan kerajaan di Indonesia dibuktikan dengan sejumlah peninggalan. Berikut peninggalan kerajaan yang bersejarah di Indonesia. Masa kejayaan kerajaan di Indonesia dibuktikan dengan sejumlah peninggalan. Berikut peninggalan kerajaan yang bersejarah di Indonesia.(Foto Museum Samudera Pasai: istockphoto./Laude Iqbal)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia memiliki sejarah panjang kerajaan bercorak Hindu, Buddha dan Islam yang tersebar di seluruh Nusantara. Setiap kerajaan memiliki masa kejayaan berbeda-beda.

Masa kejayaan itu dibuktikan dengan sejumlah peninggalan kerajaan yang masih bisa dilihat hingga saat ini. Mulai dari catatan kuno, karya sastra, prasasti, hingga candi.

Berikut sejumlah peninggalan kerajaan yang bersejarah di Indonesia.


1. Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai

Samudera Pasai Museum Monument is one of the buildings recently completed by the government to mark that the kingdom of Samudera Pasai is the icon of the first royal triumph to enter Indonesia.Peninggalan kerajan yang bersejarah di Indonesia salah satunya adalah peninggalan Kerajaan Samudera Pasai yang bisa ditemui di Museum Samudera Pasai. (Foto Museum Samudera Pasai: istockphoto/Laude Iqbal)

Kerajaan Samudera Pasai merupakan gabungan dari Kerajaan Pase dan Peurlak. Kerajaan Samudera Pasai terletak di Lhokseumawe, Aceh Utara dan merupakan Kerajaan Islam pertama di Indonesia.

Jejak peninggalan Kerajaan Samudera Pasai terlihat dari bukti arkeolog berupa makam raja-raja Pasai di Kampung Geudong, Aceh Utara. Area Makam ditemukan tidak jauh dari reruntuhan bangunan Kerajaan Samudera Pasai.

Berikut peninggalan Kerajaan Samudera Pasai yang terkenal:

  • Hikayat raja-raja Pasai

Hikayat raja-raja Pasai adalah karya sastra berbahasa Melayu yang berisikan kisah tentang Kerajaan Samudera Pasai.

  • Dirham

Kerajaan Samudera Pasai menggunakan mata uang dirham sebagai alat pembayaran sah.

  • Lonceng Chakra Donya:

Lonceng Chakra Donya diprediksi dibuat pada 1409 M. Konon, lonceng Chakra Donya merupakan hadiah Kaisar Cina kepada Sultan Samudera Pasai.

2. Peninggalan Kerajaan Majapahit

Pengunjung berjalan disekitar Candi Tikus yang dibangun antara abad ke-13 sampai ke-14 M di Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (31/12). Saat akhir pekan dan libur panjang, situs peninggalan Kerajaan Majapahit ramai pengunjung, tercatat dalam sehari ada 122 pengunjung di Candi Tikus. ANTARA FOTO/Syaiful Arif/pd/15Peninggalan kerajaan yang bersejarah di Indonesia salah satunya adalah Kerajaan Majapahit. Peninggalan Kerajaan Majapahit yang terkenal adalah Candi Tikus. (Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan bercorak Hindu Budha yang terbesar di Pulau Jawa. Kerajaan Majapahit berdiri pada 1293 dan berakhir pada abad abad ke-16 masehi.

Berikut peninggalan Kerajaan Majapahit yang bersejarah:

  • Prasasti

Kerajaan Majapahit banyak membuat prasasti yang memiliki kisah tersendiri. Beberapa prasasti peninggalan Kerajaan Majapahit yakni Kudadu, Sukamerta, Prapancasarapura, Waringin Pitu, dan Balawi.

  • Candi

Selain prasasti, Kerajaan Majapahit juga banyak membangun candi. Candi peninggalan Kerajaan Majapahit yakni Sukuh, Cetho, Pari, Jabung, Brahu, dan Tikus.

  • Kitab

Beberapa kitab peninggalan Kerajaan Majapahit adalah kitab Negarakertagama, Sutasoma, Arjunawijaya, Tantu Pagelaran, Panji Wijayakrama, Usana Jawa, Pararaton, dan Sundayana.

3. Peninggalan Kerajaan Singasari

Sejumlah wisatawan berfoto selfi di anak tangga Candi Jawi yang berada di Desa Candi Wates, Prigen, Pasuruan Jatim, Kamis (19/2). Candi Jawi yang dibangun dengan batuan andesit memiliki ukuran Panjang 14,24 meter dengan lebar 9,55 meter dan tinggi 24,50 meter tersebut, merupakan salah satu candi yang dibuat pada masa Kerajaan Singosari di bawah kepemimpinan Raja Kertanegara pada abad XIII. ANTARA FOTO/Adhitya Hendra/pd/15.Peninggalan kerajaan yang bersejarah di Indonesia salah satunya adalah Kerajaan Singasari. Peninggalan Kerajaan Singasari yang terkenal adalah Candi Jawi. (Foto: ANTARA FOTO/Adhitya Hendra)

Kerajaan Singasari merupakan kerajaan bercorak Hindu Buddha yang berkuasa pada abad ke-13. Pusat pemerintahan Kerajaan Singasari berada di daerah Singasari, Malang.

Berikut peninggalan Kerajaan Singasari yang bersejarah:

  • Candi

Candi-candi peninggalan Kerajaan Singasari adalah Candi Singosari, Jago, Sumberawan, Jawi, dan Kidal. Candi-candi dibangun untuk menghormati Raja Singasari selama memerintah

  • Arca

Salah satu arca peninggalan Kerajaan Singasari adalah Arca Dwarapala. Arca Dwarapala merupakan gambaran dari seorang penjaga gerbang manusia dengan tampang menyeramkan.

  • Prasasti

Kerajaan Singasari juga meninggalkan prasasti. Prasasti peninggalan Kerajaan Singasari diantaranya prasasti Manjusri, Wurare, dan Singasari. Setiap prasasti memiliki kisah berbeda-beda.

Itulah sejumlah peninggalan kerajaan yang bersejarah di Indonesia.

(imb/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK